Text
Pengaruh Kualitas Layanan Dan Syariah Marketing Terhadap Minat Anggota Menabung Di BMT NU Cabang Camplong Sampang
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Syariah Marketing,Minat.
Sebagai salah satu lembaga keuangan syari’ah, BMT NU dipercayai lebih
mempunyai peluang untuk berkembang dibandingkan dengan lembaga keuangan lain
yang beroperasi secara konvensional. Meskipun untuk mencapai tujuan itu diperlukan
kerja keras untuk mewujudkannya. Untuk meningkatkan minat anggota menabung
perlu mengetahui kebutuhan apa saja yang dapat mempengaruhi kualitas layanan.
Namun disamping itu BMT NU mampu meciptakan kualitas layanan serta syariah
marketing yang bagus agar bisa dapat meningkatkan jumlah anggotanya. Tujuan
dalam penelitian ini yaitu : 1) untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap
minat anggota menabung di BMT NU Cabang Camplong Sampang secara parsial. 2)
untuk mengetahui pengaruh syariah marketing terhadap minat anggota menabung di
BMT NU Cabang Camplong Sampang. 3) untuk mengetahui pengaruh kualitas
layanan dan syariah marketing terhadap minat anggota menabung di BMT NU
Cabang Camplong Sampang secara simultan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu
menggunakan analisis statistik dan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh anggota tabungan di BMT NU Cabang Camplong Sampang. Adapun cara
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Probality Sampling dengan
metode pemilihan sampel yaitu sampel random, dimana keseluruhan populasi
dijadikan sebagai sampel yang berjumlah 100 anggota. Sedangkan teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Sumber data dalam
penelitian ini adalah sumber data primer. Instrument penelitian ini menggunakan
kuesioner atau angket.
Hasil penelitian berdasarkan uji parsial variabel kualitas layanan diperoleh
thitung sebesar 3,095 > ttabel 1,984 dengan taraf sig 0,003 (lebih kecil dari taraf sig 0,05)
yang berarti bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap minat anggota menabung
di BMT NU Cabang Camplong Sampang. Untuk variabel syariah marketing thitung
sebesar 0,147 > ttabel 1,984 dengan taraf sig 0,27 (lebih kecil dari taraf sig 0,05) yang
berarti bahwa syariah marketing berpengaruh terhadap minat anggota menabung di
BMT NU Cabang Camplong Sampang. Sedangkan untuk hasil uji simultan diperoleh
Fhitung sebesar 7,247 > Ftabel 3,09 dengan taraf sig 0,001 (lebih kecil dari 0,05) yang
berarti bahwa terdapat pengaruh signifikan secara bersama-sama antara kualitas
layanan dan syariah marketing terhadap minat anggota menabung di BMT NU
Cabang Camplong Sampang
Tidak tersedia versi lain