Text
Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan anggota dalam memilih produk tabungan mudharabah (TABAH) di KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci :Kualitas produk, Kualitas Pelayanan, Keputusan Anggota
Tabungan mudharabah adalah tabungan yang dijalankan berdasarkan akad
mudharabah. Dalam hal ini, bank syariah bertindak sebagai mudharib (pengelola
dana). Sedangkan nasabah bertindak sebagai shahibul mal (pemilik dana). Dari
hasil pengelolaan dana mudharabah, bank syariah akan membagihasilkan kepada
pemilik dana sesuai dengan nisbah yang telah disepakati dan dituangkan dalam
akad pembukaan rekening. Kualitas pelayanan yang baik digunakan untuk
meningkatkan keputusan anggota. Keputusan anggota dipengaruhi oleh tingkat
kualitas produkdan kualitas pelayanan, promosi. Diantara faktor-faktor
tercapainya keputusan anggota dengan memperhatikan indikator-indikator tujuan
dalam membeli sebuah produk, pemprosesan informasi untuk sampai ke
pemilihan merek, kemantapan pada sebuah produk, memberikan recomendasi
kepada orang lain, melakukan pembelian uang. Dengan adanya kualitas produk
yang ditetapkan BMT keunggulan dan kualitas pelayanan yang baik maka akan
meningkatkan keputusan anggota sehingga jumlah anggota semakin banyak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas produk dan kualitas
pelayananberpengaruh terhadap keputusan anggota pada tabungan mudharabahdi
KSPP.Syariah BMT NU Jawa Timur cabang Tlanakan Pamekasan.
Metode yang digunakan adalah metode asosiatif dengan pendekatan
kuantitatif dan menggunakan analisis regresi linear berganda. Adapun cara
pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive
sampling. Penelitian ini menggunakan 95 responden dengan menyebarkan
kuesioner kepada anggota yang mengetahui mengenai tabungan mudharabah.
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji tvariabel kualitas produk diperoleh
thitung3.034dengan tingkat signifikan 0,003. ttabel 1,989 Hasil tersebut menunjukkan
signifikansi sebesar 0.003< 0.05 dan nilai thitung3,034>ttabel 1,989.Untuk kualitas
pelayanan diperoleh thitung6,908dengan tingkat signifikan 0,000 Nilai ttabel yaitu
1.989. Hasil tersebut menunjukkan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai
thitung6,908> ttabel 1.989. Serta pengujian hipotesis dengan uji F menunjukkan
bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama atau serentak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan anggota menggunakan produk
tabungan mudharabah denganFhitung (94,635) > nilai Ftabel (3,09) dan sig 0,000 <
0,05
Tidak tersedia versi lain