Text
’’ Pengaruh Kualitas Produk Pembiayaan Qardhul Hasan Terhadap Kepuasan Anggota Pada KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Pakong Pamekasan’’
Kata Kunci : Kualitas Produk, Kepuasan Anggota
Kehadiran produk qardhul hasan adalah menjadi salah satu solusi
optimalisasi dana Zakat Infak Shadaqah (ZIS). Para ulama sangat menyadari
bahwa persyari’atan ZIS merupakan salah satu terobosan besar yang ditawarkan
Islam dalam sistem interaksi sosial ekonomi sepanjang sejarah umat manusia
sebagai solusi untuk usaha mengentaskan kemiskinan, menumbuhkan solidaritas
antar sesama anggota masyarakat, mengurangi kesenjangan dan yang terpenting
adalah sebagai investasi modal bagi para mustahik dalam mengatasi berbagai
kesulitan hidup. BMT NU Cabang Pakong Pamekasan merupakan sebagai salah
satu unit yang berperan dalam pengembangan koperasi dengan menjalankan
penghimpunan dan penyaluran dana qardhul hasan, dengan adanya pengelolaan
yang dilakukan oleh BMT NU terhadap dana qardhul hasan bertujuan untuk
meningkatkan fungsi dana qardhul hasan itu sendiri dalam upaya mewujudkan
kesejahteraan umat serta untuk meningkatkan hasil dan daya guna dari dana
tersebut oleh sebab itu dalam pelayanan lembaga keuangan memang harus benarbenar menjaga kualitasnya untuk mempertahankan ataupun meningkatkan
kepercayaan anggota terhadap lembaga keuangan syariah khususnya
KSPP.Syariah BMT NU Jawa Timur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Pengaruh Kualitas Produk
Pembiayaan Qardhul Hasan Terhadap Kepuasan Anggota Pada KSPP. Syariah
BMT NU Jawa Timur Cabang Pakong Pamekasan. Metode yang digunakan
adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan analisis
regresi linear sederhana. Adapun cara pengambilan sampel dalam penelitian ini
dengan menggunakan Accidental Sampling. Penelitian ini menggunakan 100
responden dengan menyebarkan kuesioner kepada anggota produkpembiayaan
qardhul hasan. Pengujian statistic dalam penelitian ini menggunakan uji kualitas
data ( uji validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik, uji normalitas data,uji
autokorelasi,uji T (persial), koefisien determinasi (R²).
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji t bahwa kualitas produk memiliki
pengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota dengan nilai ttabel diperoleh dari
a/2 : n-k-1 (0,05/2 : 100-1-1). Sehingga diperoleh nilai ttabel sebesar 1,987. Dari
hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel (12,642 > 1,987) dan variabel
X (kualitas produk) berpengaruh terhadap Y (kepuasan Anggota). Artinya
terdapat hubungan antara kualitas produk pada kepuasan anggota KSPPS BMT
NU Jawa Timur Cabang Pakong Pamekasan berpengaruh positif
Tidak tersedia versi lain