Text
Pengaruh Bagi Hasil Dan Motivasi Terhadap Minat Menabung Anggota Simpanan Lebaran Di BMT NU Jatim Cabang Larangan Pamekasan
Kata Kunci: Bagi Hasil, Motivasi, dan Minat Menabung anggota
Saat ini, lembaga keuangan bank maupun non-bank mengalami persaingan yang
sangat ketat. Sehingga tidak heran jika setiap lembaga keuangan berlomba-lomba dalam
menarik minat calon nasabah baik lembaga keuangan yang berskala besar maupun kecil.
Berdasarkan data yang dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan dalam Snapshot Perbankan
Syariah pada agustus 2021 menunjukkan bahwa Lembaga Keuangan Syariah memiliki
kontribusi besar dalam total aset keuangan Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa sektor
keuangan mikro syariah dapat menjadi aspek yang cukup unggul dalam perkembangan
ekonomi syariah di Indonesia. Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) sebagai bentuk lembaga
keuangan mikro syariah yang terlahir murni dari masyarakat Indonesia yang telah dikenal
oleh semua kalangan dipenjuru nusantara. Saat ini jumlah BMT di Indonesia berjumlah
sebesar 4.500 unit yang tersebar diseluruh Indonesia, yang menandakan bahwa sektor
keuangan mikro syariah juga mampu bersaing dengan lembaga jasa keuangan lainnya
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengaruh Bagi Hasil Dan
Motivasi Terhadap Minat Menabung Anggota Simpanan Lebaran Di BMT NU Jatim Cabang
Larangan Pamekasan,. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan analisis regresi linear berganda. Adapun cara pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan non probality sampling dengan metode pemilihan sampel yaitu
purposive sampling. Penelitian ini menggunakan 76 responden dengan menyebarkan
kuesioner. Analisis data menggunakan uji t (parsial) dan uji f (simultan)
Variabel Bagi hasil (X1) berpengaruh terhadap minat menabung dengan nilai thitung
4,131> tTabel 1,992 dan nilai signifikan 0,000 < 0,005. Motivasi (X2) berpengaruh terhadap
keputusan menabung dengan nilai thitung 3,617 > tTabel 1,992 dan nilai signifikan 0,000 < 0,
Serta pengujian hipotesis dengan uji f menunjukkan bahwa Variabel motivasi dan kualitas
pelayanan berdasarkan hasil uji F berpengaruh secara simultan dengan nilai Fhitung 25,017 >
Ftabel 3,12 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05
Tidak tersedia versi lain