Text
Strategi Pemasaran Produk Simpanan Pendidikan Fathonah (SIDIK Fathonah) di BMT NU (Nuansa Ummat) Cabang Galis
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk Simpanan Pendidikan Fathonah (SIDIK Fathonah).
Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT NU Cabang Galis salah
satu koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah yang melakukan kegiatan penghimpunan dana,
salah satu produknya berupa simpanan pendidikan fathonah (SIDIK Fathonah). Permasalahan
yang dihadapi dalam menjalankan strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT NU Cabang
Galis yaitu yang menjadi kendala adalah dalam menetapkan strategi pemasaran dalam
memasarkan produk simpanan pendidikan fathonah (SIDIK Fathonah) dimana masih banyak
masyarakat yang belum menabung di produk tersebut.
Dalam penelitian ini ada beberapa rumusan masalah yang telah diteliti pertama,
Bagaimana strategi pemasaran produk, Bagaimana implementasi strategi pemasaran dalam
memasarkan produk, Apa saja peluang dan hambatan dalam pemasaran produk, Bagaimana
mengatasi hambatan, dan Bagaimana memaksimalkan peluang yang ada dalam pemasaran
produk simpanan pendidikan fathonah (SIDIK Fathonah) di BMT NU Cabang Galis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian
ini penulis menggunakan wawancara semistruktur. Informan dalam penelitian ini adalah kepala
cabang, karyawan pada bagian tabungan, dan anggota pada produk simpanan pendidikan
fathonah (SIDIK Fathonah) di BMT NU Cabang Galis.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi pemasaran yang dilakukan
oleh BMT NU Cabang Galis pada produk simpanan pendidikan fathonah (SIDIK Fathonah)
kepada masyarakat yang memiliki anak atau saudara yang masih menempuh jenjang pendidikan,
alat pemasaran yang digunakan yaitu periklanan, promosi penjualan penjualan pribadi, dan
publisitas. Kedua, implementasi strategi pemasaran dalam memasarkan produk simpanan
pendidikan fathonah (SIDIK Fathonah) BMT NU Cabang Galis melakukan dengan menerjunkan
karyawan bagian tabungan untuk memasarkan produk yang akan ditawarkan kepada masyarakat
dan juga membagikan brosurnya. Ketiga, apa saja peluang dan hambatannya untuk peluangnya
yaitu lokasi kantor BMT NU Cabang Galis dekat dengan permukiman masyarakat dan lembaga
pendidikan. Sedangkan hambatannya masih banyak masyrakat yang menabung kepada tabungan
sekolah ataupun pada bank lainnya. Keempat, dalam mengatasi hambatan yang ada pihak BMT
NU Cabang Galis melakukan lebih gencar lagi dalam memasarkan dan menawarkan produk
simpanan pendidikan fathonah (SIDIK Fathonah). Kelima, dalam memaksimalkan peluag yang
ada BMT NU Cabang Galis melakukan gerak cepat dan selalu menawarkan dan mengajak untuk
menabung pada produk simpanan pendidikan fathonah (SIDIK Fathonah)
Tidak tersedia versi lain