Text
Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan BBS Mobile Di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep
Kata Kunci: Kepercayaan, Kualitas Layanan, Minat Bertransaksi
Kepercayaan dan kualitas layanan merupakan hal sangat penting bagi
kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Di mana kepercayaan nasabah merupakan
variabel yang sangat penting dan utama untuk menjaga dan mempertahankan
hubungan antara bank dan nasabahnya untuk memperoleh profit yang maksimal
dalam waktu jangka panjang. Kualitas layanan juga tidak kalah penting yang harus
diperhatikan oleh bank, khususnya untu kualitas layanan yang berbasih terknologi
saat ini, karena terbukti dengan adanya kualitas layanan yang baik dapat
meningkatkan profitabilitas, sehingga dapat menjadi alat untuk keunggulan
bersaing, karena kualitas layanan yang baik dan professional dapat menciptakan
pembelian berulang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif asosiatif, dengan
menggunakan Teknik analisis regresi linear berganda menggunakan bantuan
aplikasi analisis SPSS. Penggunaan data dalam penelitian ini menggunakan data
primer. Populasi yang digunakan menggunakan nasabah yang sudah menggunakan
BBS Mobile. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
incidental sampling. Untuk menentukan banyaknya sampel menggunakan rumus
slovin, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 nasabah. Dalam
mengumpulkan data menggunakan instrument kuesioner (angket) yang disebarkan
kepada nasabah.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan (X1)
mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah bertransaksi
dengan memperoleh nilai Thitung sebesar 4.531 > Ttabel 1.661, dan taraf
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Variabel kualitas layanan (X2) mempunyai
pengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah bertransaksi dengan
memperoleh nilai Thitung sebesar 2.156 > Ttabel 1.661, dan taraf signifikansi
sebesar 0,034 < 0,05. Semua variabel yang terdiri dari kepercayaan (X1) dan
kualitas layanan (X2) secara simultan berpengaruh terhadap minat nasabah
bertransaksi (Y) dengan nilai Fhitung > nilai Ftabel (36.427 > 3.09) dan nilai
signifikansi 0,000 < 0,05
Tidak tersedia versi lain