Text
“Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Anggota BMT NU Cabang Ganding Sumenep”
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan.
Sumber daya insani adalah harta atau asset yang paling berharga dan
paling penting dimiliki oleh satu organisasi/perusahaan, karena keberhasilan
organisasi sangat ditentukan oleh unsur manusia. Manusia berperan sebagai
perencana, pelaksana, sekaligus pengendali terwujudnya tujuan
organisasi/perusahaan. Kualitas Pelayanan pada dasarnya adalah kegiatan yang
ditawarkan kepada konsumen atau pelanggan yang dilayani, untuk memberikan
kualitas pelayanan yang lebih baik. Dan kepercayaan merupakan suatu hal yang
sangat penting bagi sebuah komitmen atau janji, dan komitmen hanya dapat
direalisasikan jika kepercayaan timbul dari suatu proses kedua belah pihak saling
mempercayai. Sedangkan kepuasan anggota adalah tingkat perasaan seseorang
setelah membandingkan kinerja (atau hasil) yang ia rasakan dibandingkan dengan
harapannya.
Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan dalam penelitian ini, yaitu: Apakah
kualitas pelayanan dan kepercayaan secara bersama sama berpengaruh terhadap
kepuasan anggota BMT NU Ganding Sumenep.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif
korelasi dengan memiliki tiga variabel yaitu kualitas pelayanan (Xı) dan
kepercayaan (X2) sebagai variabel independen dan kepuasan anggota (Y) sebagai
variable dependen. Sampel yang digunakan sebanyak 93 anggota dengan teknik
sampel Accidental Sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada
tidaknya Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan
Anggota BMT NU Cabang Ganding Sumenep.
Berdasarkan hasil pengujian uji T kualitas pelayanan menunjukkan sig 0,043 lebih
kecil dari 0,05. Nilai thitung sebesar 2,611 > 1,986 sehingga H0 ditolak dan Ha
diterima. Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan anggota. Variabel kepercayaan menunjukkan sig 0,015 < 0,05. Nilai
thitung sebesar 1,992 > 1,986 sehingga H0ditolak dan Ha diterima. Dapat
disimpulkan bahwa kepercayaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan anggota. Sedangkan uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 10,583> Ftabel
sebesar 3,10 dan signifikansi 0,11
Tidak tersedia versi lain