Text
, Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas (Rahn) Dalam Upaya Menarik Minat Nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Produk Gadai Emas
BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan merupakan lembaga
keuangan yang membutuhkan strategi pemasaran dalam memasarkan produknya.
Pentingnya suatu pemasaran yaitu dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginan akan produk jasa. Tujuan dilakukannya strategi pemasaran yaitu untuk
memperkenalkan dan mempertahankan produknya dalam rangka menghadapi
persaingan antar lembaga keuangan lainnya.
Dari penjelasan di atas, maka yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian
ini yaitu pertama, Bagaimana Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas (Rahn) Dalam
Upaya Menarik Minat Nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan.
Kedua, Bagaimana Peningkatan Jumlah Nasabah Produk Gadai Emas (Rahn) di BPRS
Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Data yang diperoleh oleh peneliti yaitu berupa wawancara,
observasi, serta dokumentasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data
menggunakan triagulasi sumber.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi yang dilakukan oleh
pihak BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan pada produk gadai emas
dalam menerapkan strategi pemasarannya dengan menggunakan Marketing dan STP.
Bauran pemasarannya yang menonjol yaitu price yang ditetapkan oleh BPRS Bhakti
Sumekar Cabang Madya Pamekasan relatif murah. Place BPRS Bhakti Sumekar
Cabang Madya Pamekasan yang strategis dekat dengan keramaian sehingga mudah
dijangkau oleh masyarakat. Promotion yang dilakukan oleh BPRS Bhakti Sumekar
Cabang Madya Pamekasan dengan cara menyebar brosur, sosialisasi, dan melalui
media sosial. Yang terakhir Proces produk gadai emas BPRS Bhakti Sumekar Cabang
Madya Pamekasan yaitu mudah, cepat, tidak perlu menunggu lama. Selain itu
segmentasi nya fokus pada masyarakat kabupaten Pamekasan. Targeting yaitu target
pasar pada produk gadai emas adalah semua kalangan masyarakat dan positioningnya
yaitu harganya yang relatif murah dan biaya pemeliharaannya dihitung per hari.
Peningkatan jumlah nasabah produk gadai emas BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya
Pamekasan mengalami fluktuasi terbukti pada tahun 2018-2019 dengan presentase
sebesar 46,79%, tahun 2019-2020 dengan presentase 14,8%, dan pada tahun 2020-
2021 dengan presentase sebesar 29,50%
Tidak tersedia versi lain