Text
"Strategi Marketing Simpanan Qurban di KSPPS Nuri Jatim Cabang Palengaan"
Kata Kunci : Strategi Marketing, Produk Simpanan Qurban
Produk-produk yang terdapat di KSPSS Nuri Jatim Cabang Palengaan salah satunya
adalah produk simpanan qurban, simpanan qurban merupakan simpanan yang menggunakan
akad wadiah, dikhususkan untuk anggota yang ingin berqurban dan penarikannya hanya bisa
dilakukan menjelang hari raya qurban ( berupa uang cash atau hewan qurban). Tujuan pokok
dalam penelitian ini yaitu: pertama, untuk mengetahui bagaimana strategi marketing simpanan
qurban yang di gunakan oleh KSPPS Nuri Jatim Cabang Palengaan agar bisa meningkatkan
jumlah anggota. Kedua, untuk mengetahu kendala yang dihadapai dalam memasarkan produk
simpanan qurban dalam menarik minat anggota. Ketiga, untuk mengetahui cara mengatasi
kendala dalam menarik minat anggota produk simpanan qurban.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data berupa data
primer dan data sekunder, sedangkan prosedur pengumpulan data nya melalui observasi,
wawancara, dokumentasi dan pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Strategi marketing yang
digunakan KSPPS Nuri Jatim Cabang Palengaan pada produk simpanan qurban mengggunakan
strategi marketing 4p, yaitu product, promotion, price, place. Strategi produk yang digunakan
dilakukan dengan cara mengenalkan produk dan memberikan penjelasan dan pemahaman
terkait produk simpanan qurban, dan promsosi yang dilakukan dengan menyebarkan brosur
kepada masyarakat dan dengan memanfaatkan media sosial. untuk harga nya, KSPPS Nuri
jatim menerapkan biaya yang relatif dengan biaya administrasi yang tidak memberatkan
anggota. Serta lokasi yang strategi dan mudah di jangkau oleh masyarakat sekitar sehingga
memudahkan dalam bertransaksi. Kendala strategi marketing pada produk simpanan qurban
dalam manarik minat anggota yaitu kurangnga kesadaran masyarakat untuk menabung, dan
benyaknya persaingan. Adapun cara mengatasi kendala dalam menarik minat anggota pada
produk simpanan qurban, KSPPS Nuri Jatim Cabang Palengaan melakukan sosialiasi terkait
produk simpanan qurban kepada kerabat dan masyarakat sekitar terkait kelebihan produk
simpanan qurban, dan melakukan promosi melaluu media sosial, untuk mengatask kendala
kedua KSPPS Nuri Jatim Cabang Palengaan lebih memfokuskan dengan memeberikan
pelayanan terbaik kepada anggota
Tidak tersedia versi lain