Text
Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Anggota Pada Produk Pembiayaan Gadai Emas di BMT NU Cabang Proppo
Kata Kunci: Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Anggota
Saat ini, keberadaan lembaga keuangan sangat dibutuhkan di berbagai
tempat karena tidak hanya sebagai tempat menyimpan uang semata, melainkan juga
sebagai tempat dimana modal terhimpun dan dapat di akses. Bank punya peran
besar, dalam menghimpun dana dari masyarakat dan kemudian menyalurkan
sebagai usaha, sehingga terciptanya pertumbuhan ekonomi. Kepercayaan dan
kualitas pelayanan sangat diperlukan oleh lembaga keuangan agar bisa
mempengaruhi calon nasabah maupun nasabah agar bisa meningkatkan loyalitas
anggota.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepercayaan dan kualitas
pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas anggota pada produk pembiayaan Gadai
Emas di BMT NU Cabang Proppo. Metode yang digunakan adalah pendekatan
kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Adapun cara
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling.
Penelitian ini menggunakan 94 responden dengan menyebarkan kuesioner pada
anggota produk pembiayaan gadai emas.
Hasil penelitan berdasarkan hasil uji t untuk variabel kepercayaan yaitu memiliki
pengaruh terhadap loyalitas anggota dengan nilai thitung 2,267 > ttabel 1,986 dan
taraf signifikan 0,026 < 0,05. Untuk variabel kualitas pelayanan berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas anggota diperoleh oleh nilai thitung 4,058 > ttabel 1,986
dan taraf siginifikan 0,000 < 0,05. Serta pengujian hipotesis dengan uji F
menunjukkan bahwa kepercayaan dan kualitas pelayanan secara bersama-sama
atau serentak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota dengan Fhitung
78,818 > Ftabel 3,10 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05
Tidak tersedia versi lain