Text
Pengaruh Lokasi, Bagi Hasil Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Anggota Menabung Di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis
Kata Kunci: Lokasi, Bagi Hasil, Personal Selling, Keputusan Anggota
Lokasi dan Personal Selling merupakan esensi yang paling penting bagi
keberlangsungan hidup suatu badan usaha, begitu juga dengan bagi hasil pada
lembaga keuangan yang salah satunya yaitu BMT. BMT adalah salah satu lembaga
keuangan yang pengoperasiannya atau pelaksanaannya berbasis syariah, dimana
mayoritas masyarakat di Indonesia memilih lembaga keuangan syariah untuk
melakukan transaksi berdasarkan Personal Selling yang maksimal dan baik, dengan
letak yang strategis dan tingkat bagi hasil yang sesuai dengan kebutuhan
masyarakat untuk menarik Anggota dalam menyimpan atau menabung dananya di
lembaga tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat
pengaruh lokasi, bagi hasil dan Personal Selling secara parsial dan simultan
terhadap keputusan anggota pada KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis.
Penelitian ini menggunkaan metode kuantitatif dengan jenis kasual yang
menggunakan regresi linear berganda. Sampel dalam penelitian ini adalah 97
responden anggota KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Galis. Adapun penelitian
teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
teknik Nonprobability Sampling dengan metode Accidental Sampling. Data yang
diperoleh merupakan data primer, yaitu jawaban responden dan kuesioner yang
telah disebarkan. Pengujian statistik dalam penelitian menggunakan uji kualitas
data (Uji Validitas dan Uji Reabilitas), uji regresi linear berganda, Asumsi Klasik
(uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, normalitas), dan uji
hepotesis (uji F dan uji t).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama. Lokasi tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan anggota dengan nilai t hitung -
0.721 < t tabel 1.98580 dan taraf signifikansi 0.472 > α= 0.05. Kedua, Bagi Hasil
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan anggota dengan nilai t hitung
9.818 > t tabel 1.98580 dan taraf signifikansi 0.000 < α= 0.05. Ketiga, Personal
Selling berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan anggota dengan nilai t
hitung 2.334 > t tabel 1.98580 dan taraf signifikansi 0.022< α= 0.05. Keempat,
Lokasi, Bagi Hasil dan Persona Selling berpengaruh secara simultan terhadap
keputusan anggota menabung dengan nilai F hitung 69.774 > F tabel 2.70 dan taraf
signifikansinya 0.000 < α= 0.05
Tidak tersedia versi lain