Text
”Strategi Pemasaran pada Produk Tabungan Simpanan Pelajar (SIMPEL) di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya Pamekasan”
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Tabungan Simpanan Pelajar (SIMPEL)
Saat ini perkembangan teknologi semakin canggih dengan membentuk pola
pikir masyarakat yang semakin maju dan berkembang sehingga menimbulkan
persaingan yang berdampak kepada sektor lembaga perbankan di Indonesia. Adanya
persaingan yang menuntut lembaga keuangan untuk berlomba-lomba dalam
memberikan yang terbaik kepada nasabah. Suatu bank perlu melakukan sebuah strategi
pemasaran karena bertujuan untuk mengetahui serta menilai sejauh mana pemasaran
dari produk yang dihasilkan tersebut dapat diketahui oleh masyarakat sehingga produk
atau jasa yang ditawarkan dapat dicapai oleh suatu perusahaan.
Terdapat dua fokus penelitian yang akan dikaji dalam skripsi ini yaitu: Pertama,
untuk mengetahui bagaimana konsep tabungan simpanan pelajar (SIMPEL) di BPRS
Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya Pamekasan, Kedua Untuk mengetahui
bagaimana Strategi pemasaran pada produk tabungan simpanan pelajar (SIMPEL) di
BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya Pamekasan
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif dan sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Informannya
adalah AO/AAO Pendanaan, guru di sekolah serta pelajar yang merupakan nasabah
tabungan SIMPEL di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya Pamekasan.
Sedangkan untuk prosedur pengumpulan data berupa observasi, wawancara,
dokumentasi, serta pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi metode.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Tabungan simpanan
pelajar (SIMPEL) di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya Pamekasan
merupakan tabungan yang dikhususkan untuk siswa atau pelajar dengan menggunakan
akad wadiah yad-dhamanah. Karakteristik dari tabungan SIMPEL yaitu memiliki
setoran awal yang sangat murah dan ringan serta persyaratan yang sangat memudahkan
siswa. Kedua, strategi pemasaran yang digunakan BPRS Bhakti Sumekar Kantor
Cabang Madya Pamekasan yaitu Produk (Price), Harga (Price), Tempat (Place),
Promosi, (Promotion). Untuk strategi produk memiliki ciri khas yang berbeda
dibandingkan dengan bank lain, strategi harga yang diberikan sudah mengikuti pasaran
dengan memberikan harga yang sangat murah sehingga memudahkan siswa dalam
menabung, strategi tempat yang dipilih sangat strategis yang terletak di jantung kota
Pamekasan, dan strategi promosi dilakukan dengan melakukan sosialisasi ke sekolahsekolah dengan membagikan brosur serta melakukan sistem jemput bola dan promosi
online melalui whatsapp dan website resmi BPRS Bhakti Sumekar
Tidak tersedia versi lain