Text
Implementasi Strategi Segmenting, Targeting, Dan Positioning Pada produk Tabungan Mudharabah (TABAH) Di KSPPSBMT NU Jawa Timur Cabang Pakong Pamekasan
Kata Kunci :Strategi Segmenting, Targeting, Dan Positioning, Tabungan Mudharabah
Strategi Segmenting, Targeting,dan Positioning sangatlah penting bagi lembaga
keuangan syariah, khususnya pada KSPP Syariah BMT NU Cabang Pakong Pamekasan. guna
menjadikan kelangsungan hidup pada lembaga keuangan syariah yang menghadapi persaingan.
Berdasarkan hal tersebut peneliti bertujuan agar bisa menjangkau kebutuhan masyarakat, dengan
adanya strategi segmenting, targeting dan positioning pada tabungan Mudharabah dapat memilih
segmen mana yang akan dimasuki pasarserta target dan pemosisian dapat meningkatkan minat
anggota untuk menabung pada tabungan Mudharabah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif
dengan sumber data yang diperoleh menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi serta
informannya adalah kepala cabang, bagian tabungan, teller dan nasabah. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui yang menjadi fokus penelitian adalah Bagaimana Strategi Segmenting
Targeting dan Positioning Pada Tabungan Mudharabah Di KSPP Syariah BMT NU Cabang
Pakong Pamekasan?, Bagaimana Dampak Strategi Segmenting,Targeting dan Positioning,
Dalam Meningkatkan Minat Anggota Menabung Pada Tabungan Mudharabah Di KSPP Syariah
BMT NU Cabang Pakong Pamekasan?.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi segmenting, targeting dan positioning pada
tabungan Mudharabah dengan dilihat dari pemetakan berdasarkan letak segmenting demografi,
geografi. dan dalam pemilihan targetnya pedagang, dan pelajarsiswa-siswa dan juga kalangan
lain tetapi yang paling banyak pada pedagang dan setelah itu KSPP Syariah BMT NU Cabang
Pakong menetapkan posisinya dengan dapat kepercayaan konsumen pada anggota nasabah dan
menjadikan posisi produk yang unggul dalam memperkenalkan kepada masyarakat. dengan
adanya segmenting, targeting dan positioning pada lembaga keuangan. dapat meberikan dampak
yang baik dengan meningkatnya minat menabung anggota pada tabungan Mudharabah hal ini
dapat dilihat dari pertumbuhan nasabah dari tahun ketahun
Tidak tersedia versi lain