Text
Pengaruh Promosi Penjualan SAJADAH Terhadap Keputusan Anggota Menabung Di KSPPS BMT NU Jatim Cabang Tlanakan PamekasanPengaruh Promosi Penjualan SAJADAH Terhadap Keputusan Anggota Menabung Di KSPPS BMT NU Jatim Cabang Tlanakan Pamekasan
Kata kunci : Promosi Penjualan, Keputusan Anggota Menabung
Promosi merupakan suatu bentuk komunikasi pemasaran. Komunikasi
pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha untuk menyebarkan informasi,
mempengaruhi/membujuk dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan
produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan
perusahaan bersangkutan.Tujuan utama promosi adalah untuk menginformasikan,
mempengaruhi dan membujuk serta mengingatkan pelanggan sasaran tentang
perusahaan dan bauran pemasarannya.Dari pernyataan diatas, dapat dilihat bahwa
promosi dapat memengaruhi keputusan pembelian nasabah. Untuk itu diperlukan
strategi yang tepat dalam memilih promosi yang sesuai dengan produk yang
dikeluarkan atau ditawarkan. Promosi memiliki bentuk atau macam-macamnya. Salah
satu bentuk promosi adalah Promosi Penjualan. Promosi penjualan dirancang untuk
menghasilkan tindakan yang segera dan spesifik. Promosi penjualan merupakan
bentuk promosi yang dipilih untuk memperkenalkan produk SAJADAH kepada
masyarakat luas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah promosi penjualan
SAJADAH berpengaruh terhadap keputusan anggota menabung di KSPPS BMT NU
Jatim Cabang Tlanakan Pamekasan. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif
dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Adapun cara pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan
purposive sampling. Penelitian ini menggunakan 85 reponden dengan menyebarkan
kuesioner kepada anggota yang sedang atau pernah bergabung dengan SAJADAH.
Hasil penelitian ini berdasarkan hasil uji t, bahwa promosi penjualan memiliki
pengaruh signifikansi terhadap keputusan anggota menabung dengan nilai thitung lebih
besar ttabel (7,241 > 1,992) dan taraf signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Artinya
terdapat hubungan antara promosi penjualan terhadap keputusan anggota menabung
di KSPPS BMT NU Jatim Cabang Tlanakan Pamekasan dengan keterangan
berpengaruh positif
Tidak tersedia versi lain