Text
Pengaruh Margin dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Anggota Pada Pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil KSPPS BMT NU Jatim Cabang Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci : Margin, Kualitas Pelayanan, Minat Anggota
Pembiayaan Bai Bitsaman Ajil (BBA) adalah suatu perjanjian pembiayaan
yang disepakati antara bank syariah dengan nasabah, dimana bank syariah
menyediakan dananya untuk sebuah investasi atau pembelian barang modal dan
usaha anggotanya yang kemudian proses pembayarannya dilakukan secara
mencicil atau kredit. Margin merupakan tingkat selisih antara tingkat keuntungan
dan harga jual. Kualitas pelayanan yang baik digunakan untuk meningkatkan
minat anggota. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh margin dan
kualitas pelayanan terhadap minat anggota pada pembiayaan bai’ bitsaman ajil di
KSPPS BMT NU Jatim cabang Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif
dan menggunakan analisis regresi linear berganda. Populasi yang dimaksud
dalam penelitian ini adalah seluruh anggota pembiayaan bai’ bitsaman ajil di
KSPPS BMT NU Jatim Cabang Tlanakan Pamekasan yaitu sejumlah 1,304.
Adapun cara pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan
purposive sampling. Penelitian ini menggunakan sampel adalah minimal 93
anggota yang menggunakan pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil (BBA) tetapi dalam
hal ini peneliti mengambil 95 responden dengan menyebar kuisioner kepada
anggota pembiayaan bai’ bitsaman ajil.
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji t variabel margin mempunyai thitung
sebesar 3,914 > ttabel 1,989, dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05, artinya variabel
margin berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat anggota. Variabel
kualitas pelayanan (X2) mempunyai thitung sebesar 4,385 > ttabel 1,989 dan taraf
signifikansi 0,000 < 0,05, artinya variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap minat anggota. Uji F (simultan) diperoleh nilai Fhitung
sebesar 35,845 > Ftabel 3,09 dan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Maka
dapat disimpulkan bahwa margin dan kualitas pelayanan secara bersama-sama
berpengaruh signifikan terhadap minat anggota (Y). Maka dapat disimpulkan
bahwa variabel margin dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan
terhadap minat anggota pada pembiayaan bai’ bitsaman ajil di KSPPS BMT NU
Jatim Cabang Tlanakan Pamekasan
Tidak tersedia versi lain