Text
Implementasi Marketing Mix Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Pada Jasa Pengiriman Barang J&T Express Trunojoyo Pamekasan,
Kata Kunci: Marketing Mix, Etika Bisnis Islam, J&T Express
Pada era modern seperti saat ini dapat memicu persaingan yang semakin
ketat bagi perusahaan untuk bersaing atau mengetahui strategi pemasaran apa
yang harus diterapkan di perusahaan tersebut dan tentunya berdasarkan kaidah
dan etika bisnis islam. Salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang sampai
saat ini masih berkembang yaitu J&T Express, termasuk juga J&T Express yang
berada di Pamekasan terus berkembang dan masih mampu bersaing dengan
perusahaan yang sejenisnya dan bisa dikatakan salah satu perusahaan jasa
pengiriman barang terbaik dan terlaris diantara perusahaan jasa pengiriman barang
lainnya dan juga dapat memberikan pelayanan yang bagus terhadap pelanggannya
seperti barang cepat sampai pada tujuan. Penentuan marketing mix atau bauran
pemasaran yang tepat akan mempermudah perusahaan untuk menciptakan,
membangun dan mempertahankan kegiatan pemasaran produk dan jasa secara
lebih baik dan menjadi daya saing bagi perusahaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Teknik
pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan analisis domain dan analisis taksonomi. Sedangkan
tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam menganalisis data
diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu: (1) Implementasi marketing mix
yang dilakukan oleh perusahaan J&T Express Trunojoyo Pamekasan dalam
penerapan strategi product mempunyai delapan produk jasa yang ditawarkan
kepada customer. Strategi Price menerapkan Harga Regular Service Premium.
Strategi Promotion melalui sarana advertising dan sarana publicity. Strategi Place
mengutamakan di pinggir jalan raya karena akan mempermudah karyawan
maupun customer yang akan datang. Strategi People dengan cukup baik dalam
merekrut, melatih, menyeleksi, memotivasi, dan memberikan hak SDM
selayaknya. Strategi Process menerapkan proses incoming dan outgoing. Strategi
Physical Evidence dengan memiliki ciri khas sederhana dan memberikan
pelayanan dan kenyamanan terhadap customer. (2) Implementasi marketing mix
yang dilakukan oleh J&T Express Trunojoyo Pamekasan sudah sesuai dengan
nilai-nilai dan prinsip-prinsip etika bisnis islam yaitu unity (kesatuan), equilibrium
(keseimbangan), free will (kebebasan berkehendak), responsibility (tanggung
jawab), dan benevolence (kebenaran) yang dilakukan pada kegiatan
pemasarannya
Tidak tersedia versi lain