Text
Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Promosi dalam Meningkatkan Penjualan di Tinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Usaha Toko Makaroni Cengar)
Kata Kunci : Media Sosial, Promosi, Penjualan, Perspektif Ekonomi Islam.
Kehadiran internet sedikit mengubah cara masyarakat dalam bersosialisasi
serta melakukan interaksi satu sama lain. Pada zaman serba digital saat ini,
memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk melakukan penjualan dan
mempromosikan usahanya. Perkembangan internet kini telah menjadi media
informasi sekaligus komunikasi dalam dunia bisnis. Beberapa keuntungan dengan
adanya internet yaitu dapat menjadi sebuah sarana untuk mempromosikan sebuah
produk ataupun sebagai media untuk beriklan di media sosial. Dalam melakukan
promosi pada media sosial dapat memberikan feedback yang cepat kepada
perusahaan sehingga lebih mudah untuk memahami permitaan dari konsumen. Jadi,
bagi perusahaan yang ingin mempromosikan produk, media sosial menjadi salah
satu pilihan yang mudah meningkatkan penjualan. Akan tetapi, penjualan tidak
akan mengalami peningkatan apabila promosi yang dijalankan tidak dilakukan
dengan kombinasi strategi yang tepat.
Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana pemanfaatan media sosial
sebagai strategi promosi dalam meningkatkan penjualan pada usaha toko Makaroni
Cengar Pamekasan. Kedua, bagaimana pemanfaatan media sosial sebagai strategi
promosi dalam meningkatkan penjualan ditinjau dari prespektif ekonomi Islam
pada usaha toko Makaroni Cengar di Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
fenomenologis. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder.
Prosedur pengumpulan data yang di gunakan dengan cara wawancara semi
terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi.Informannya adalah pemilik
Makaroni Cengar, Karyawan, dan Pelanggan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pemanfaatan media sosial
sebagai strategi promosi memberikan kemudahan bagi Makaroni Cengar dalam
melaksanakan penerapan dari promotion mix berupa iklan, promosi penjualan,
publisitas dan penjualan personal. Kedua, penggunaan media sosial dalam
menjalankan strategi promosi pada Makaroni Cengar dilaksanakan berdasarkan
prinsip – prinsip yang berpedoman pada ekonomi Islam yaitu dengan melakukan
promosi dengan tulus, jujur dalam memberikan informasi, melakukan promosi
yang bermakna serta amanah dalam melaksanakan kegiaan promosi melalui media
sosial dan mampu bertanggung jawab atas promosi yang telah dilakukan di media
sosial
Tidak tersedia versi lain