Text
“Strategi Marketing Produk Tabungan Sajadah dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Anggota KSPP Syariah BMT NU Cabang Larangan Pamekasan”
Kata Kunci: Strategi Marketing, Tabungan Sajadah (Simpanan Berjangka
Wadi’ah Berhadiah)
Strategi marketing merupakan logika pemasaran yang digunakan oleh
perusahaan untuk menciptakan nilai pelanggan (anggota) dan mencapai hubungan
yang saling menguntungkan. Dalam konsep pemasaran produk yang akan di
pasarkan harus jelas. Misalnya, seperti produk tabungan sajadah merupakan
simpanan berjangka wadi’ah berhadiah yaitu simpanan dengan keuntungan yang
dapat dinikmati di awal dengan memperoleh hadiah langsung tanpa diundi
menggunakan akad Wadi’ah Yad Al-Dhamanah yaitu akad titipan (uang) yang
diberikan kepada pihak BMT NU.
Terdapat dua fokus penelitian yang diangkat dan dikaji dalam skripsi ini
yaitu: Pertama, Bagaimana strategi marketing yang dilakukan BMT NU Cabang
Larangan Pamekasan dalam meningkatkan jumlah anggota melalui produk
tabungan Sajadah. Kedua, Bagaimana respon anggota terhadap tabungan Sajadah
dalam upaya meningkatkan jumlah anggota BMT NU Cabang Larangan
Pamekasan. Dari kedua fokus penelitian tersebut peneliti menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan sumber data diperoleh dari data
primer. Informannya adalah kepala cabang, karyawan, dan anggota yang
menggunakan produk tabungan sajadah di lembaga BMT NU Cabang Larangan
Pamekasan. Sedangkan untuk prosedur pengumpulan data berupa wawancara,
observasi, dokumentasi, serta pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
triangulasi metode.
Dari hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa produk tabungan
Sajadah merupakan produk unggulan di BMT NU salah satunya di BMT NU
Cabang Larangan Pamekasan karena produk tabungan sajadah keuntungannya
dapat dinikmati di awal dengan memperoleh hadiah langsung tanpa di undi, selain
menjadi produk yang sangat diminati oleh anggota lama produk ini dapat menarik
minat anggota baru untuk dapat bergabung di BMT NU, hal ini tidak terlepas dari
strategi marketing yang dilakukan oleh BMT NU khususnya Cabang Larangan
Pamekasan. Strategi marketing yang dilakukan oleh BMT NU untuk dapat
meningkatkan jumlah anggota melalui produk tabungan Sajadah seperti
menggunakan strategi pemasaran 4P (Product, Promotion, Price, Place). Anggota
merasa sangat di untungkan dengan adanya produk tabungan sajadah, karena
melihat dari respon anggota yang menggunakan produk tabungan sajadah karena
dengan hanya memberikan titipan uang anggota sudah bisa mendapatkan hadiah
langsung di awal
Tidak tersedia versi lain