Text
Implementasi Direct Marketing dalam Upaya Meningkatkan Pertumbuhan Dana Deposito Mudharabah di BPRS SPM Pamekasan
Kata Kunci : Implementasi Direct Marketing, Pertumbuhan Dana, Deposito
Mudharabah
Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) SPM Pamekasan merupakan
suatu lembaga keuangan yang dalam kegiatannya berpedoman pada prinsip syariah,
yang memiliki kegiatan berupa menghimpun dana dan menyalurkan dana kepada
masyarakat. Disamping itu, menjalin silaturahmi dan menjaga komunikasi sangat
penting untuk dilakukan agar tercipta suatu hubungan yang baik karena nasabah
merupakan prioritas utama penunjang aset suatu lembaga keuangan. Oleh
karenanya BPRS SPM Pamekasan memilih direct marketing sebagai salah satu
strategi pemasaran yang dipilih untuk diterapkan agar hal tersebut dapat terlaksana.
Berdasarkan beberapa hal tersebut, maka terdapat dua fokus penelitian yang
menjadi kajian pokok yaitu : pertama bagaimana implementasi direct marketing di
BPRS SPM Pamekasan, kedua bagaimana implementasi direct marketing dalam
meningkatkan pertumbuhan produk deposito mudharabah di BPRS SPM
Pamekasan.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah Kepala Bagian Marketing, Customer Service dan nasabah
BPRS SPM Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan pengamatan dan triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: dalam kegiatan pemasarannya,
bentuk bentuk direct marketing yang digunakan adalah face to face selling, direct
mail, telemarketing dan dari barbagai jenis tersebut, face to face selling merupakan
bentuk direct marketing yang paling berpengaruh dan sering digunakan. Kedua,
adanya pengaruh positif serta pendapat yang cukup baik dari nasabah yang
disebabkan oleh penerapan direct marketing yang dilakukan BPRS SPM
Pamekasan dalam mempromosikan dan memasarkan produk khususnya deposito
mudharabah sehingga membuat jumlah pengguna deposito mudharabah ini
mengalami peningkatan yang secara otomatis mempengaruhi peningkatan
pertumbuhan dana deposito mudharabah. Maka dengan hal tersebut Implementasi
direct marketing dalam upaya meningkatkan pertumbuhan dana deposito
mudharabah di BPRS SPM Pamekasan dapat dikatakan berhasil serta memberikan
pengaruh yang positif dan layak untuk tetap diterapkan sebagai strategi pemasaran
Tidak tersedia versi lain