Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Anggota Gadai Emas Syariah di BMT UGT SidogiriCabang Pamekasan
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Kepuasan Nasabah
Bisnis pada lembaga keuangan merupakan bisnis jasa yang berdasarkan pada
azas kepercayaan sehingga masalah kualitas layanan dan citra merek menjadi faktor
yang sangat menentukan kepuasan nasabah. Kualitas pelayanan menjadi hal penting
yang harus diperhatikan serta dimaksimalkan agar mampu bertahan dan tetap dijadikan
pilihan oleh nasabah. Kualitas pelayanan yaitu seberapa jauh perbedaan antara
kenyataan dan harapan pelanggan atas pelayanan yang mereka terima. Faktor lain yang
mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah citra merek. Citra merek adalah persepsi
yang muncul di benak pelanggan ketika mengingat suatu produk. Citramerek yang
baik adalah senjata dari lembaga keuangan untuk tetap bisa bersaing dan bertahan
didalam ketatnya persaingan. Kemampuan sebuah merek yang dapat ditawarkan untuk
memuaskan keinginan konsumen. Dengan adanya persaingan hal ini mendorong setiap
perusahaan bisnis non perbankan, dalam hal ini BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan
guna memberikan layanan terbaiknya kepada anggotanyasupaya anggota merasakan
kepuasan serta tidak beralih ke BMT lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adakah pengaruh kualitas
pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan nasabah gadai emas syariah di BMT UGT
Sidogiri Cabang Pamekasan. Variabel penelitian ini meliputi Kualitas Pelayanan(X1)
dan Citra Merek (X2) sebagai variabel-variabel yang mempengaruhi dan Kepuasan
Nasabah (Y)sebagai variabel yang dipengaruhi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil kuisioner, dengan
jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis dalam penelitian ini yaitu uji
normalitas data, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, uji
regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi
Kualitas pelayanan dan Citra Merek mempunyai pengaruh secara simultan
terhadap Kepuasan nasabah gadai emas syariah BMT UGT Sidogiri Cabang
Pamekasan. Hal ini sesuai dengan hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung> Ftabel
(18.861 > 3.09), artinya semua variabel independen secara simultan berpengaruh
positif signifikan terhadap variabel dependen (kepuasan nasabah). (X1) secara parsial
berpengaruh terhadap kepuasan nasbah.. Hal ini menujukkan bahwa semakin tinggi
tingkat kualitas pelayanan maka akan semakin tinggi pula kepuasan nasabah gadai
emas syariah di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. (X2) secara parsial tidak
berpengaruh terhadap kepuasan nasbah, tetapi pada citra merek itu sendiri pelanggan
atau anggota hanya akan bisa terfokus pada pembelian bukan pada kepuasan artinya
pada BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan ini anggota memang memfokuskan
kepada aspek pelayanan yang diberikan dikarenakan disini anggota bukan ingin
melakukan pembelian melainkan untuk gadai emas
Tidak tersedia versi lain