Text
Pengaruh Sistem Jemput Tabungan Terhadap Kepuasan Nasabah Menabung di BMT NU Jawa Timur Cabang Sampang Kota
Kata kunci: sistem jemput tabungan, layanan, kepuasan nasabah
Sistem jemput tabungan merupakan layanan yang diberikan oleh BMT NU
untuk melayani nasabahnya yang menggunakan produk lembaga tersebut, terutama
pada produk tabungan. Hubungan layanan sistem jemput tabungan terhadap
kepuasan nasabah terletak pada kesesuaian ekspektasi nasabah dengan apa yang
mereka rasakan dari layanan yang di berikan oleh BMT Nu tersebut.
Pada penelitian ini peneliti ingin meneliti mengenai pengaruh sistem jemput
tabungan terhadap kepuasan nasabah menabung di BMT NU Jawa Timur cabang
Sampang Kota, permasalahan yang akan di kaji dalam penelitian ini yaitu peneliti
ingin mengetahui apakah variabel sistem jemput tabungan mempengaruhi
kepuasan nasabah yang menabung di BMT NU Jawa Timur cabang Sampang Kota.
Dan juga ingin mengetahui pengaruh dari subvariabel terhadap variabel dependen
secara parsial.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional, dengan
menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan menggunakan bantuan
aplikasi analisis SPSS. Penggunaan data dalam penelitian ini menggunakan data
primer. Populasi yang di gunakan yaitu nasabah yang aktif menabung setiap hari
menggunakan jasa layanan antar jemput. Sampel yang diambil sebanyak 178
responden dengan menggunakan teknik simple random sampling.
Hasil analisis uji f menyatakan bahwa variabel sistem jemput tabungan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Pada analisis uji t menyatakan
bahwa setiap subvariabel yaitu Tengible, Reliabilty, Responsiveness, Assurance,
dan Emphaty berpengaruh signifikan secara parsial. Pada uji koefisien determinasi
(R2
) menunjukkan bahwa kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat
sebesar 45,7%, sedangkan sisanya 54,3% berasal dari variabel lain
Tidak tersedia versi lain