Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Reputasi dan Lokasi Terhadap Kepuasan Anggota Pengguna Produk Tabungan Umum Syariah di BMT Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pamekasan
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Reputasi, Lokasi dan Kepuasan
Lembaga keuangan di Indonesia sudah semakin banyak, baik di daerah kota
maupun pelosok desa. Dari berbagai kebutuhan masyarakat, maka muncullah
lembaga-lembaga keuangan baik yang berbentuk makro ataupun mikro untuk
menjadi perantara dalam pengelolaan keuangan masyarakat yang cukup efektif,
seperti BMT Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pamekasan. salah satu hal
yang dapat dilakukan BMT Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pamekasan
dalam meningkatkan kepuasan anggotanya yaitu dengan memperhatikan kualitas
pelayanan, reputasi dan lokasi. Dengan adana kualitas pelayanan dan reputasi yang
baik, serta lokasi yang strategis maka dapat meningkatkan kepuasan anggota.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu
menggunakan analisis statistik dan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh anggota tabungan umum Syariah di BMT Usaha Gabungan Terpadu
Sidogiri Cabang Pamekasan yang berjumlah 11.187 orang. Sedangkan untuk
penentuan sampel peneliti menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel
yang berjumlah 99 anggota. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
adalah nonprobability sampling dengan metode Accidental sampling. Sedangkan
teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Data
yang diperoleh merupakan data primer, yaitu jawaban responden dari kuesioner
yang telah disebarkan. Pengujian statistik dalam penelitian ini menggunakan uji
kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji
multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, dan uji normalitas), dan
uji hipotesis (koefisien determinasi, uji F, dan uji t).
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji parsial variabel kualitas pelayanan
diperoleh thitung sebesar 3,318 > ttabel 1,985 yang berarti kualitas pelayanan
berpengaruh terhadap kepuasan anggota pengguna produk tabungan umum Syariah
di BMT Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pamekasan. Untuk variabel
reputasi diperoleh thitung sebesar 4,812 > ttabel 1,985 yang reputasi berpengaruh
terhadap kepuasan anggota penggunak produk tabungan umum Syariah di BMT
Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pamekasan. Untuk variabel lokasi
diperoleh thitung sebesar 1,275 < ttabel 1,985 yang berarti lokasi tidak berpengaruh
terhadap kepuasan anggota penggunak produk tabungan umum Syariah di BMT
Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pamekasan. Sedangkan untuk hasil uji
simultan diperoleh nilai Fhitung sebesar 24,043 > Ftabel 2,70 yang berarti ada pengaruh
signifikan secara bersama-sama antara kualitas pelayanan, reputasi, dan lokasi
terhadap kepuasan anggota penggunak produk tabungan umum Syariah di BMT
Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pamekasan
Tidak tersedia versi lain