Text
Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Anggota Menggunakan Pembiayaan LASISMA DiKSPP. Syariah BMT Nuansa Ummat Cabang Saronggi Sumenep
Kata kunci : Personal Selling, Keputusan Anggota.
BMT NU cabang Saronggi Sumenep merupakan lembaga keuangan
syariah yang berprinsip syariah, dan banyak menyediakan berbagai macam
produk tabungan dan pembiayaan. Produk pembiayaan diantaranya yaitu
LASISMA, dalam pemasaran produk LASISMA karyawan menggunakan alat
promosi personal selling seperti mengunjungi rumah anggota untuk memasarkan
produk maka Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh personal
selling terhadap keputusan anggota menggunakan pembiayaan LASISMA dan
seberapa besar pengaruh personal selling terhadap keputusan anggota
menggunakan pembiayaan LASISMA diKSPP. Syariah BMT NU cabang
Saronggi Sumenep.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan mendapatkan data
penelitian dengan cara menyebarkan kuesioner dengan menggunakan skala likert.
Metode pengunpulan data menggunakan metode simple random sampling
populasi penelitian ini adalah 266 anggota yang menggunakan produk
pembiayaan LASISMA, dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 99
responden. Alat yang digunakan untuk menguji data adalah uji Validitas dan
Reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, uji koefisien detrminasi
dan uji t, denganb bantuan SPSS statistik versi 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : personal selling berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan anggota yang mana dapat diketuhui dari
hasil uji t nilai signifikansi variabel personal selling sebesar 0,043 lebih kecil dari
0,05 maka keputusan yang diambil adalah Ha diterima dan Ho ditolak maka dapa
dikatakan personal selling berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan
anggota menggunakan pembiayaan LASISMA diKSPP. Syariah BMT NU cabang
saronggi. Dan pada perhitungan koefisien detrminasi menunjukkan nilai Rsquer
adalah sebesar 0,060 yang artinya pengaruh variabel personal selling terhadap
variabel keputusan anggota adalah sebesar 0,060 atau 6,% dan sisanya 94%
dipengaruhi variabel lain seperti : kualitas jasa, kemudahan, kepercayaan dan
citra perusahaan diluar penelitian ini
Tidak tersedia versi lain