Text
Pengaruh Pengetahuan Konsumen dan Word Of Mouth Terhadap Minat Masyarakat Camplong Untuk Menjadi Anggota KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Camplong Sampang
Kata Kunci: Pengetahuan Konsumen, Word Of Mouth, Minat Menjadi Anggota.
BMT (Baitul Maal wat Tamwil) merupakan salah satu sistem lembaga
keuangan non bank yang berbasis syariah. Pada saat ini, perkembangan lembaga
keuangan baik bank maupun non bank dapat dikatakan mengalami perkembangan
yang cukup pesat. Hal tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri bagi BMT
untuk tetap eksis dalam menghadapi persaingan. Dalam hal persaingan, pilihan
atau minat masyarakat dalam menggunakan suatu jasa lembaga keuangan menjadi
tolak ukur sukses atau tidaknya lembaga keuangan tersebut dalam mengatasi
persaingan yang ada. Ada beberapa faktor yang diyakini mampu untuk
mempengaruhi minat masyarakat untuk menjadi anggota BMT NU cabang
Camplong diantaranya adalah pengetahuan konsumen dan word of mouth. Maka
dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahun
konsumen dan word of mouth baik secara parsial maupun simultan terhadap minat
masyarakat Camplong untuk menjadi anggota BMT NU cabang Camplong.
Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah masyarakat Camplong yang berjumlah 80.517 jiwa.
Sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan rumus slovin dengan
jumlah sampel sebanyak 100 sampel. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Sedangkan untuk teknik
analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian berdasarkan uji parsial diketahui bahwa variabel pengetahuan
konsumen memperoleh hasil thitung > ttabel (4,327 > 1,984) dengan nilai sig. < 0,05
(0,000 < 0,05) yang berarti pengetahuan konsumen berpengaruh signifikan
terhadap minat masyarakat Camplong untuk menjadi anggota BMT NU cabang
Camplong. Variabel word of mouth memperoleh hasil > ttabel (4,148 > 1,984)
dengan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti word of mouth berpengaruh
signifikan terhadap minat masyarakat Camplong untuk menjadi anggota BMT NU
cabang Camplong. Sedangkan uji simultan diperoleh hasil Fhitung > Ftabel (88,538 >
3,09) dengan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti pengetahuan konsumen
dan word of mouth secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat
masyarakat Camplong untuk menjadi anggota BMT NU cabang Camplong. Meski
tingkat pendidikan masyarakat dapat dikatakan rendah namun pengetahuan
mereka mengenai BMT NU cabang Camplong baik pengetahuan mengenai
produk, pembelian dan pemakaian dapat dikatakan cukup baik, hal tersebut tidak
lepas dari peran masyarakat yang telah menjadi anggota yang melakukan word of
mouth yaitu menceritakan pengelaman mereka dan pengetahuan mereka mengenai
BMT NU cabang Camplong kepada masyarakat lainnya dengan tujuan
memberikan penilaian, pengetahuan dan sekaligus untuk mempengaruhi minat
masyarakat lain untuk menjadi anggota BMT NU cabang Camplong
Tidak tersedia versi lain