Text
”Strategi Marketing Tabungan Haji AlHaromain di KSPS BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan”
Kata Kunci :Strategi Marketing, Tabungan Haji Al-Haromain
Produk-produk yang terdapat di KSPS BMT UGT Sidogiri Cabang
Pamekasan di antaranya adalah tabungan haji al-haromain yang merupakan
simpanan yang di khususkan untuk bisa berangkat haji dengan berbasis syariah
serta bagi hasil 50% BMT dan 50% anggota tabungan haji al-haromain. Tujuan
pokok dalam penelitian ini yaitu: Pertama ,untuk mengetahui bagaimana strategi
marketing yang digunakan KSPS BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan, Kedua
Untuk mengetahui bagaimana Implementasi strategi marketing pada tabungan haji
al-haromain, ketiga, apa saja kendala yang di hadapi saat memasarkan tabungan
haji al-haromain dalam meningkatkan minat anggota, Keempat untuk mengetahui
cara mengatasi kendala strategi marketing pada tabungan haji al-haromain dalam
meningkatkan minat anggota.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data
berupa data primer dan data sekunder, sedangkan prosedur pengumpulan data
diperoleh observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengecekan keabsahan data
menggunakan triangulasi metode.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi marketing yang
digunakan oleh KSPS BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan yaitu berupa
Product, Promotion, Price, dan Place. Kedua Implementasi stategi marketing
pada tabungan haji al-haromain yaitu strategi product dengan memberikan
kelebihan keuntungan bagi hasil, serta BMT juga memberikan satu nama yang
khas di fungsikan agar bias menarik minat anggota. Strategi promotion yaitu
dengan menggunakan brosur, mendatangi calon anggota ataupun mendatangi
tempat perkumpulan-perkumpulan tertentu untuk memperkenalkan produk
tabungan haji al-haromain. Strategi harga (price) BMT UGT Sidogiri Cabang
Pamekasan sudah menetapkan harga yang sangat relative dengan biaya
administrasi yang sangat terjangkau. Strategi place (tempat) BMT memilih tempat
lokasi yang sangat strategis yaitu berada dekat dengan jantung kota yang
memudahkan anggota dalam melakukan transaksi. Ketiga, Kendala strategi
marketing pada tabungan haji al-haromain dalam meingkatkan minat anggota
yaitu karyawan kurang memasarkan tabungan haji al-haromain, Keempat, cara
mengatasi kendala strategi marketing pada tabungan haji al-haromain yaitu
dengan cara karyawan harus memahami terkait produk tabungan yang ada di
BMT, serta selalu di berikan pelatihan” supaya ketika karyawan menjelaskan
masyarakat bisa paham dan tertarik khususnya pada produk tabungan haji alharomain. Selain itu cara mengatasi kendala strategi marketing ini dengan cara
memaksimalkan promosi melalui media elektronik seperti facebook, instagram,
dan whatshap agar banyak khalayak luar mengetahui adanya produk tabungan haji
al-haromain
Tidak tersedia versi lain