Text
“Implikasi Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Gadai Emas Terhadap Kepuasan Nasabah di BPRS Sarana Prima Mandiri Kantor Kas Bandaran Pamekasan”
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Gadai Emas, dan Kepuasan
Nasabah.
BPRS Sarana Prima Mandiri kantor kas Bandaran Pamekasan
mengupayakan kepuasan nasabah dengan memberikan pelayanan sesuai dengan 5S
yaitu senyum, salam, sapa, sopan, dan santun. Sehingga nasabah akan merasa puas
apabila mendapatkan pelayanan yang baik dan sesuai dengan apa yang nasabah
harapkan. BPRS Sarana Prima Mandiri kantor kas Bandaran Pamekasan juga selalu
mengembangkan kualitas produk yang salah satu produknya yaitu gadai emas,
dengan sangat menjamin kualitas produk serta memberikan keaslian produk dengan
tujuan untuk mempermudah nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk gadai emas baik itu secara
simultan maupun secara parsial terhadap kepuasan nasabah di BPRS Sarana Prima
Mandiri kantor kas Bandaran Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis
penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Gadai
Emas di BPRS Sarana Prima Mandiri kantor kas Bandaran Pamekasan yang
berjumlah 224 nasabah. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan
rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 144 orang nasabah. Tehnik
pengambilan sampel dalam penelitian adalah accidental sampling. Tehnik analisis
data yang digunakan untuk menjawab hipotesis pada penelitian ini adalah analisis
regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS Versi 20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil uji
simultan (uji F) diperoleh nilai Fhitung sebesar 27,757 > nilai Ftabel 3,059 dan taraf
signifikan 0,000 < 0,05. Maka, variabel kualitas pelayanan (X1), kualitas produk
(X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y)
di BPRS Sarana Prima Mandiri kantor kas Bandaran Pamekasan. 2) Secara parsial
variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah
dengan nilai thitung sebesar 4,555 > nilai ttable 1,655, dan taraf signifikan sebesar 0,000
< 0,05. 3) Secara parsial variabel kualitas produk berpengaruh tapi tidak signifikan
terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung sebesar 1,742 > nilai ttable 1,655, dan
taraf signifikan sebesar 0,084 > 0,05
Tidak tersedia versi lain