Text
Implementasi Promosi Personal Selling Produk Simpanan Pendidikan Fathonah KSPPS BMT NU Cabang Larangan di TK Raudatul Ijtihad Pamaroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Implementasi, Promosi, Personal Selling, Produk Simpanan
Pendidikan Fathonah.
Lembaga keuangan syariah seperti Baitul Mal Wattamwil dalam
operasionalnya memerlukan dana. Funding dan lending menjadi fungsi utama
dalam menjalakan operasionalnya. BMT NU Cabang larangan memilki produk
unggulan yaitu Produk Simpanan Pendidikan Fathonah yang merupakan produk
untuk diperuntukkan bagi lembaga pendidikan untuk mengimpun dana tabungan
siswa. Produk ini menggunakan akad mudharabah al mutlaqoh. akad yang
dimana yang dapat disetor kapan saja dan dapat di tarik pada saat tahun ajaran
baru dan. Implementasi promosi Personal Selling sangat diperlukan oleh BMT
NU Cabang Laranga untuk mengenalkan atau memasarkan ke masyarakat luas
khusunya di lembaga sekolah. Dengan Cara strategi promosi haruslah efektif dan
menarik dalam memberikan informasi agar masyarakat tertarik dan berkenan
bergabung.
Penelitian ini memfokuskan pada Implementasi promosi Personal Seliing,
dan Teori dari Promosi Personal Selling Produk Simpanan. Kareana promosi
Pesonal Selling yang efektif akan berdampak terhadap bertambahnya anggota atau
lembaga sekolah yang ingin bergabung di produk simpaan (tabungan lembaga
peduli siswa).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data, akan tetapi menggunakan wawancara tidak
tersruktur, observasi, non-partisipan, dan dokumentasi. Informan penelitian yaitu
kepala Cabang, karyawan bagian simpanan, Proses pengumpulan data mengambil
dari wawancara karyawan, teori di buku dan data anggota pada server BMT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1). Implementasi Promosi Personal
Selling Produk Simpanan Pendidikan Fathonah yang dilakukan oleh BMT NU
Cabang Larangan yaitu dengan door-to-door, yaitu pihak BMT menghampiri
lembaga pendidikan dan menawarkan kepada pengurus lembaga untuk
bekerjasama supaya tabungan siswa di tabung di BMT. 2). Teori dari Promosi
Personal Selling Produk Simpanan pendidikan dengan menurut teori Kasmir
dalam buku Pemasaran Bank dikarenakan dalam buku tersebut teori dari
Pemasaran bank itu begitu banyak dan lebih difokuskan ke promosi bagian dari
proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar, dengan
komposisi bauran promosi
Tidak tersedia versi lain