Text
Implementasi Strategi Personal Selling Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Anggota KSPPS Nuri Jatim Cabang Palduding Pamekasan
Kata Kunci: Personal Selling, KSPPS Nuri Jatim Cabang Palduding
Pamekasan, Anggota
Penjualan personal (personal selling) merupakan pemasaran produk atau
jasa dimana penjual bertemu langsung dengan pembeli untuk menjajaki prospek
(peluang) pembelian. Perkembangan perbankan syariah yang sangat pesat di
Kabupaten Pamekasan menjadikan semua lembaga keuangan syariah bersaing
dengan sangat ketat. Begitu juga dengan KSPPS Nuri Jatim Cabang Palduding
Pamekasan, untuk memenangkan sebuah persaingan maka dibutuhkan strategi.
Karena strategi adalah kunci terpenting dari sebuah perjalanan lembaga keuangan.
Salah satu strategi yang digunakan untuk meningkatkan jumlah anggota adalah
strategi personal selling. Penerapan personal selling dilakukan agar dapat
memperkenalkan kepada calon anggota tentang pengetahuan dan manfaat dari
produk yang ditawarkan oleh KSPPS Nuri Jatim Cabang Palduding Pamekasan.
Fokus penelitian ini adalah: pertama: Bagaimana pelaksanaan strategi
personal selling dalam meningkatkan jumlah anggota KSPPS Nuri Jatim Cabang
Palduding Pamekasan, kedua: Bagaimana efektivitas strategi personal selling
dalam perkembangan jumlah anggota KSPPS Nuri Jatim Cabang Palduding
Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
deskriptif dengan memperoleh sumber data dari hasil wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Pada penelitian ini informan terdiri dari Kepala Cabang, Tim
Marketing, Customer Service, serta Anggota KSPPS Nuri Jatim Cabang
Palduding Pamekasan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi personal selling di
KSPPS Nuri Jatim Cabang Palduding Pamekasan Pertama: kegiatan personal
selling yang dilaksanakan yakni mencari prospek, prapendekatan, pendekatan,
presentasi dan demontrasi, penanganan keberatan, menutup penjualan, tindak
lanjut. Kedua: strategi personal selling yang diterapkan bisa dikatakan efektif, hal
ini terbukti pada tahun 2016-2020 perkembangan anggota meningkat dengan
presentase 13%-15% setiap tahunnya di mana hal tersebut merupakan hasil dari
pencapaian target yang ditetapkan dan tercapai serta proses promosi Tim
Marketing yang dilakukan dengan baik agar penyampaian pesan kepada calon
anggota menjadi mudah dipahami supaya calon anggota tertarik akan produkproduk yang sudah dijelaskan oleh Tim Marketing serta cara beradaptasi dengan
calon anggota yang berpotensi untuk menolak pada saat dilakukannya promosi
oleh Tim Marketing dengan cara menanyakan hal yang membuat tidak tertarik
dan memberikan solusi kepada calon anggota tersebut agar yang awalnya menolak
menjadi tertarik bergabung sebagai calon anggota di KSPPS Nuri Jatim Cabang
Palduding Pamekasan
Tidak tersedia versi lain