Text
Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Anggota KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Galis Pamekasan
Kata Kunci : Relationship Marketing, Loyalitas Anggota.
Perbankan dituntut untuk menemukan dan membangun sistem pemasaran
yang mampu secara profesional meretensi para nasabahnya. Relationship
Marketing yang baik dan optimal terbukti mampu untuk mempertahankan serta
meningkatkan loyalitas nasabah. Oleh karena itu, perusahaan di tuntut untuk
mampu memupuk keunggulan kompetetifnya masing – masing melalui upaya –
upaya yang kreatif, inovatif dan efisien. Apalagi telah terjadi pergeseran paradigma,
dari pemasaran transaksional (transactional marketing) menuju pemasaran
relasional (relationship marketing).
Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : pertama apakah
Relationship Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
anggota KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Galis Pamekasan. Kedua,
seberapa besar berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota KSPP.
Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Galis Pamekasan. Dengan tujuan pertama,
untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan Relationship Marketing terhadap
loyalitas anggota KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Galis Pamekasan.
Kedua, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Relationship Marketing
terhadap loyalitas anggota KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Galis
Pamekasan.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode analisis regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh anggota KSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Galis yang
berjumlah 2.708 anggota. Sedangkan untuk penentuan jumlah sampel peneliti
menggunakan rumus Sample Cross Sectional sehingga diperoleh sampel sebanyak
93 anggota. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability
sampling.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, Relationship Marketing
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota KSPP. Syariah BMT
NU Jawa Timur Cabang Galis Pamekasan. Berdasarkan uji parsial (uji-t) diperoleh
nilai thitung 2,015 > ttabel 1,990 dengan taraf Sig. 0,047 < 0,05. Kedua, Dari hasil
koefisien determinasi di peroleh nilai R Square 0,043 (4,3%) yang menunjukkan
bahwa besarnya pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas anggota KSPP.
Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Galis Pamekasan sebesar 4,3% sedangkan
sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak di perhitungkan dalam analisis
ini
Tidak tersedia versi lain