Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualias Produk Terhadap Kepuasan Anggota Pengguna Tabungan Tabah di KSPPS BMT NU Jatim Cabang Camplong Sampang
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Anggota.
Perkembagan dunia lembaga keuangan sampai saat ini semakin mengalami
peningkatan khususnya pada lembaga keuangan syariah yang merupakan suatu
lembaga keuangan yang berfungsi sebagai organisasi perantara antara masyarakat
yang memiliki kelebihan dana dengan masyarakat yang memiliki kekurangan dana.
Dengan semakin ketatnya persaingan lembaga keuangan syariah yang ada pada ssat
ini, maka lembaga keuangan syariah seperti halnya KSPPS BMT NU Jatim harus
bisa menyiapkan strategi pemasaran yang baik dan tepat. Salah satu caranya yaitu
dengan memberikan pelayanan yang unggul, cepat dan tepat kepada nasabah
dengan memperhatikan kualitas pelayanan dan kualitas produknya. Untuk
mencapai tujuan tersebut maka KSPPS BMT NU Jatim harus mampu memberikan
kualitas pelayanan dan kualitas produk yang baik sehingga akan mampu
memberikan kepuasan kepada anggotanya.
Adapun tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh secara simultan antara Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap
Kepuasan Anggota Pengguna Tabungan Tabah di KSPPS BMT NU Jatim Cabang
Camplong Sampang, selanjutnya untuk mengetahui secara langsung Kualitas
Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Anggota Pengguna Tabungan
Tabah di KSPPS BMT NU Jatim Cabang Camplong Sampang.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yakni
menggunakan analisis statistik dan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh anggoa yang aktif menggunakan tabungan mudharabah di KSPPS
BMT NU Jatim Cabang Camplong Sampang yang berjumlah 900 anggota.
Sedangkan sampelnya diperoleh sebanyak 277 sampel dengan menggunakan rumus
slovin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Nonprobability
Sampling dengan metode Incidental Sampling.
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji t (parsial) untuk variabel kualitas
pelayanan diperoleh nilai thitung sebesar 7,417 > ttabel 1,968 dan nilai sig 0,000 < 0,05
yang berarti Kualitas Pelayanan Bepengaruh Positif Terhadap Kepuasan Anggota
Pengguna Tabungan Tabah di KSPPS BMT NU Jatim Cabang Camplong Sampang.
Variabel kualitas produk diperoleh nilai thitung sebesar 4,731 > ttabel 1,968 dan nilai
sig 0,000 < 0,05 yang berarti Kualitas Produk Bepengaruh Positif Terhadap
Kepuasan Anggota. Sedangkan untuk uji F (simultan) dieroleh nilai fhitung sebesar
53,920 > ftabel 2,637 dan nilai sig 0,000 < 0,05 yang berarti Kualitas Pelayanan dan
Kualitas Produk Bepengaruh Positif Secara Simultan Terhadap kepuasan anggota
Tidak tersedia versi lain