Text
”Strategi Pemasaran Produk Tabungan Idul Fitri Dalam Peningkatan Jumlah Anggota di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan”
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Tabungan Idul Fitri
Produk-produk yang terdapat di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu
Tlanakan diantaranya adalah tabungan Idul Fitri yang merupakan simpanan yang
dikhususkan untuk anggota yang ingin menabung persiapan idul fitri dengan
berbasis syariah serta bagi hasil 60% BMT dan 40% yang menguntungkan
anggota tabungan idul fitri. Tujuan pokok dalam penelitian ini yaitu: Pertama,
untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk tabungan idul fitri dalam
peningkatan jumlah anggota di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan,
Kedua, Apa saja kendala penerapan strategi pemasaran produk tabungan idul fitri
dalam peningkatan jumlah anggota di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu
Tlanakan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data
berupa data primer dan data sekunder, sedangkan prosedur pengumpulan data
diperoleh observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengecekan keabsahan data
menggunakan triangulasi metode.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi pemasaran
yang digunakan oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan yaitu
berupa Product, Promotion, Price, dan Place. Dimana strategi produk yaitu
dengan memberikan kelebihan yang ada di produk tabungan idul fitri seperti
keuntungan bagi hasil BMT juga memberikan satu nama yang khas di fungsikan
agar bisa menarik minat anggota. Strategi promosi BMT mempromosikan
tabungan idul fitri ini dengan cara datang langsung ke masyarakat dan
memberikan brosur. Strategi harga (price) BMT menerapkan biaya administrasi
yang sangat murah dan juga anggota bisa menabung dengan nominal berapa saja.
Jadi anggota tidak diberatkan terkait masalah nominal tabungannya. Strategi
tempat (place) BMT juga memilih tempat yang strategis dekat dengan jalan raya
memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi. Strategi produk yang
diterapkan oleh BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Tlanakan terbilang cukup
evektif dan efisien untuk meningkatkan produk. Kendala Strategi pemasaran pada
tabungan idul fitri dalam peningkatan jumlah anggota yaitu karyawan kurang
memasarkan tabungan idul fitri, serta banyaknya persaingan lembaga keuangan
yang setiap lembaga pasti berusaha untuk menari minat anggota dan memberikan
keunggulan produknya
Tidak tersedia versi lain