Text
Pengaruh Preferensi Masyarakat Masalembu terhadap Memilih Lembaga Keuangan Syariah
Kata Kunci: Preferensi, Masyarakat Masalembu, dan Lembaga Keuangan
Syariah
Di pulau Masalembu hanya terdapat dua Lembaga Keuangan Syariah yaitu
BPRS Bhakti Sumekar dan BMT UGT Sidogiri Cabang Masalembu. Berbagai
macam alasan dan faktor-faktor lain yang mampu mempengaruhi pertimbangan
konsumen untuk mau menjadi nasabah. Salah satunya yang berasal dari preferensi
masyarakat Masalembu itu sendiri. Di dalam Preferensi terdapat beberapa tahapan
yakni Kesadaran/Awareness, Pengetahuan/Knowledge, Menyukai/Liking,
Memilih/Preference, Keinginan Untuk Membeli/Intention to Buy/Conviction,
Membeli/Purchase. Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi rumusan
masalah dalam penelitian ini yaitu: pertama, Bagaimana kesadaran masyarakat
Masalembu terhadap keberadaan Lembaga Keuangan Syariah.; kedua, Bagaimana
pengetahuan masyarakat Masalembu terhadap keberadaan Lembaga Keuangan
Syariah.; ketiga, Bagaimana masyarakat Masalembu menyukai terhadap
keberadaan Lembaga Keuangan Syariah.; keempat, Bagaimana kecenderungan
masyarakat Masalembu dalam memilih Lembaga Keuangan Syariah.; kelima,
Bagaimana masyarakat Masalembu memiliki keinginan untuk membeli produk
atau jasa yang tertera dalam Lembaga Keuangan Syariah.; keenam, Bagaimana
masyarakat Masalembu membeli produk atau jasa dalam Lembaga Keuangan
Syariah.; ketujuh, Bagaimana pengaruh tahap preferensi masyarakat Masalembu
dalam memilih Lembaga Keuangan Syariah.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini sampel
yang diambil adalah masyarakat Masalembu yang berjumlah 101 responden.
Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik
Sampling Insidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Teknik
analisa dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil perhitungan secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 30,771 > Ftabel
2,310 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti secara simultan preferensi
masyarakat Masalembu secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap
keberadaan Lembaga Keuangan Syariah. Sedangkan hasil uji parsial
menunjukkan Thitung sebesar kesadaran (X1) = 5,723, pengetahuan (X2) = 1,317,
menyukai (X3) = 0,435, memilih (X4) = 0,786, keinginan untuk membeli (X5) =
2,424 dan membeli (X6) = 4,020 diatas dari nilai Ttabel yakni 0,202 sehingga dapat
disimpulkan bahwa berpengaruh signifikan terhadap keberadaan Lembaga
Keuangan Syariah.
Tidak tersedia versi lain