Text
Strategi Pemasaran Produk Kredit Tanpa Agunan di Koperasi Milenial Berdikari Madura
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Kredit Tanpa Agunan, Koperasi.
Pinjaman yang diberikan koperasi kepada anggotanya dapat memudahkan
anggotanya dalam membangun atau mengembangkan bisnisnya. Biasanya dalam
memberikan pinjaman koperasi memberikan beberpa syarat sebelum pembiyaan
tersebut di cairkan. Salah satu syarat khusu dalam memberikan pinjaman yaitu
berupa surat-surat berharga seperti, surat tanah, surat kendaraan bermotor, dan
surat-surat berharga lainnya. Meskipun demikian dalam memberikan pinjaman ada
juga koperasi yang menerapkan pembiayaan atau kredit dengan tanpa
menggunakan jaminan atau yang biasa disebut kerdit tanpa agunan (KTA). Kredit
tanpa agunan menjadi daya tarik tersendiri bagi anggota Ketika hendak melakukan
pembiayaan, hal itu dikarenakan pembiayaan yang diajukan tanpa adanya jaminan
sehingga tidak memberatkan bagi calon anggota yang hendak mengajukan
pembiayaan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran, prosedur
pengajuan dan tantangan dalam produk Kredit Tanpa Agunan di Koperasi Milenial
Berdikari Madura. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer yang digunakan dalam
penelitian ini adalah para pengurus dan anggota koperasi Milenial Berdikari
Madura dan data sekunder didapatkan dari beberapa refrensi yang mendukung atas
kajian ini. Tekhnik pengumpulan data mengunakan tiga cara yaitu observasi,
wawancara dan dokumentasi. Kemudian dari data yang diperoleh disederhanakan
dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dengan menggunakan tiga tahapan analisis
yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan / verifikasi.
Hasil penelitian ini didapat bahwa dalam strategi pemasaran Kredit Tanpa
Aguanan di Koperasi Milenial Berdikari Madura yang berada di kabupaten
Pamekasan target utama dari pemasaran koperasi Milenial Berdikari Madura adalah
orang terdekat sehingga bisa mempermudah bagi pengurus koperasi menyurvei.
dan dikoperasi MBM mempunyai keungulan tersendiri yaitu salah satu diantaranya
dari segi pengambilan margin KTA lebih sedikit ketimbang produk lainnya,
sehingga ada nilai tersendiri terhadap produk tersebut. Dana yang dilandingkan
terkait produk KTA sebesar 2 juta tiap bulannya. Koperasi MBM menemukan
bebarapa kendala dalam pmemasarkan produk KTA, seperti adanya kompetitor
yang bermunculan baik kompetitor lama ataupun baru yang telah memiliki pangsa
pasar yang cukup luas. Dengan begitu untuk bersanding dengan kopetitor yang
sudah lama ataupun baru maka perlu adanya inovasi-inovasi baru termasuk
koperasi MBM
Tidak tersedia versi lain