Text
Analisis Persepsi Masyarakat Kelurahan kepanjin Terhadap Keberadaan Perbankan Syariah di SumenepAnalisis Persepsi Masyarakat Kelurahan kepanjin Terhadap Keberadaan Perbankan Syariah di SumenepAnalisis Persepsi Masyarakat Kelurahan kepanjin Terhadap Keberadaan Perbankan Syariah di Sumenep
Kata Kunci : Persepsi Masyarakat terhadap Keberadaan Perbankan Syariah
Penelittian ini menjelaskan tentang analisis persepsi masyarakat terhadap
keberadaan perbankan syariah di desa kelurahan kepanjin kota sumenep untuk
mengetahui bagaimana persepsi masyarakat atau tanggapan masyarakat desa
kelurahan kepanjin tentang perbankan syariah. Kualitas dan heterogenitas
masyarakat Indonesia adalah peluang bagi lembaga bisnis perbankan syariah,
bank syariah merupakan bank yang secara operasional berbeda dengan bank
konvensional
Terdapat beberapa permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitia
ini, yaitu pertama untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap keberadaan
perbankan syariah, kedua untuk mengetahui actor-faktor yang mempengaruhi
persepsi masyarakat kelurahan kepanjin terhadap keberadaan perbankan syariah
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif
sumber data yang di peroleh melalui wawancara,observasi, dokumentasi.
Informan adalah Tokoh masyarakat,Tokoh Agama,Masyarakat kelurahan
kepanjin kabupaten kota sumenep,
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:. Persepsi masyarakat Kelurahan
Kepanjin Kecamatan Kota Sumenep adalah: 1) Pengetahuan tentang perbankan syariah
dimana dimensi ini menunjukkan pengetahuan tentang mengenai perbankan syariah, dan
masyarakat kelurahan kepanjin masih sebagian ada yang belom paham tentang perbankan
syariah dan apa saja yang ada di perbankan syariah , 2) Kepercayaan terhadap perbankan
syariah, dimensi ini menunjukkan mengenai keyakinan terhadap mayarakat kelurahan
kepanjin untuk mempunyai rasa kepercayaan atau keyakinan untuk perbankan dalam
menabung atau bertransaksi di bank syariah. 3) Produk dan layanan bank syariah,
menunjukkan bahwa bank syariah memberikan pelayanan yang cepat dan efisien, dan staf
bank syariah sopan dan ramah, dan menyediakan berbagai macam produk dan layanan, 4)
Faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat Kelurahan Kepanjin Pada Bank Syariah,
Bank syariah, terlihat masih baru berdiri, cara kerjanya dan SDM yang
mengelola bank syariah sendiri termasuk keberadaan nasabah Bank. Syariah,
dan rendahnya sosialisasi perbankan syariah
Tidak tersedia versi lain