Text
Strategi Pelayanan Dalam Upaya Peningkatan Loyalitas Nasabah Produk Tabungan Tabah Di Baitul Maal Wat Tamwil Nuansa Ummat Cabang Ganding Sumenep
Kata Kunci: Pelayanan, Loyalitas Nasabah, BMT
Sebagai salah satu lembaga keuangan syariah BMT di percayai lebih
mempunyai peluang untuk berkembang di bandingkan dengan lembaga keuangan
lain yang beroperasi secara konvensional. meskipun untuk mencapai tujuan itu
diperlukan kerja keras untuk mewujudkannya. Namun di samping itu BMT
mampu menciptakan strategi pemasaran yang bagus agar dapat meningkatkan
jumlah nasabahnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah strategi
pelayanan prima dalam upaya peningkatan loyalitas nasabah produk tabungan
tabah di BMT NU Cabang Ganding Sumenep dan Strategi Pelayanan Dalam
Upaya Peningkatan Loyalitas Nasabah Produk Tabungan Tabah Di Baitul Maal
Wat Tamwil Nuansa Ummat Cabang Ganding Sumenep. Tujuan dalam penelitian
ini adalah untuk mengetahui strategi pelayanan prima dalam upaya peningkatan
loyalitas nasabah produk tabungan tabah dan untuk mengetahui strategi pelayan
dalam upaya peningkatan loyalitas nasabah produk tabungan tabah di Baitul Maal
Wat Tamwil nuansa Nuansa Ummat Cabang Ganding Sumenep .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data di peroleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala cabang, bagian tabungan, bagian pemasaran dan
nasabah. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan trianggulasi
sumber. Trianggulasi sumber merupakan trianggulasi yang mengharuskan peneliti
mencari lebih dari satu sumber dengan menggunakan suatu metode yang sama
untuk memahami data atau informasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi pelayanan yang dipakai di
BMT NU Cabang Ganding yaitu dengan layanan antar jemput tabungan. Dengan
kata lain bahwa karyawan dari pihak BMT mendatangi anggota yang ingin
menabung agar dapat memudahkan anggota. Namun bukan saja pada bagian
tabungan tabah tetapi juga bisa di simpanan anggota. Karena bagi pihak BMT
melayani nasabah dengan sebaik mungkin merupakan hal yang penting. Yang
kedua Ada beberapa faktor yang harus dilakukan agar dapat mempengaruhi
loyalitas nasabah yaitu faktor pertama perhatian, Yang kedua faktor
kepercayaan,Yang ketiga faktor perlindugan dan yang terakhir faktor kepuasan.
Kepuasan nasabah yang di lakukan BMT NU Cabang Ganding Sumenep
berdasarkan hasil temuan yang dilakukan oleh peneliti dalam kepuasan nasabah
yaitu seperti pelayanannya yang sangat baik, ramah cepat, sopan santun dalam
berbicara maupun bertingkah, selalu menanyakan kepada nasabah apa saja yang di
butuhkan dan yang di keluh kesahkan, selalu siap menjadi tempat curhat
Tidak tersedia versi lain