Text
Pemasaran Ekspor Ikan Teri UD Dharma Laut Desa Tanjung Pamekasan
Kata Kunci: Ekspor, Strategi Pemasaran.
Untuk mampu bertahan di pasar perusahaan senantiasa berusaha dengan
berbagai cara untuk berada di depan para pesaingnya dengan meningkatkan
kualitas produk-produk yang lama dan produk yang baru supaya tetap diminati
oleh banyak mitra perusahaan atau pelanggan. Memanfaatkan infrastruktur yang
sama atau berbeda, membutuhkan ketrampilan baru, meluncurkan produk efisien,
untuk menghemat biaya atau dengan menciptakan pruduk yang tergolong mudah
tetapi dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Pada dasarnya dalam upaya
mencapai kepuasaan pelanggan kaitannya dengan pemasaran secara syariah yaitu
bukan hanya kesesuain produk tetapi juga kesesuaian antara kinerja produk dan
harapan pelanggan secara spriritual. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
strategi pemasaran dan tantangan dalam strategi pemasaran produksi ikan teri
ekspor di ud dharma laut desa tanjung kabupaten pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara.
Informan adalah pengurus dan anggota kelompok tanggung renteng. Pengecekan
keabsahan data menggunakan kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan,
triangulasi dan metode analisis kasus negatif.
Hasil penelitian menunjukan bahaw UD Dharma Laut perusahaan berasal
dari Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan dalam
memproduksi ikan teri dengan produksi lokan hinggal internasional. (1) Stratetgi
pemasaran yang digunakan adalah segmentasi pasar dengan memetakan kualitas
ika teri dengan dari masing-masing antara lokal dengan ikan teri ekspor keluar
negeri disamping itu kualitas teri juga mengikuti permintaan dari masing-masing
Negara tujuan. Strategi pemasaran menyeluruh perusahaan tercermin dalam
rencana strategi pemasaran perusahaan (Corporate Marketing Plan) yang disusun.
Rencana strategi pemasaran perusahaan adalah suatu rencana pemasaran jangka
panjang yang bersifat menyeluruh dan strategis, yang merumuskan berbagai
strategi dan program pokok dibidang pemasaran perusahaan pada suatu jangka
waktu tertentu dalam jangka panjang dimasa depan, (2) Tantangan dalam usaha
ikan teri di UD Dharma Laut yaitu kekurangan tempat serta lahan dan teknologi
yang mempuni untuk bisa bersaing dikancah internasional untuk bisa
menghasilkan kualitas ikan teri yang terbaik, selain itu tantangannya adalah
kendala waktu bongkar muat di pelabuhan yang berdampak pada waktu lamanya
pengiriman dan bisa merusak kualitas ikan teri
Tidak tersedia versi lain