Text
“Analisis SWOT pada Produk Gadai Emas di BMT Mawaddah Penyeppen Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan”
Kata Kunci: Analisis SWOT, Gadai Emas, Pengembangan Usaha.
Analisis atau startegi yang dirumuskan dalam SWOT analisis bukanlah sebuah
tujuan. Ia hanya alat yang memudahkan kita dalam menganalisis dan merumuskan
strategi. Analisis SWOT digunakan untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan
ancaman yang akan dihadapi oleh perusahaan. Sebelum dilakukan analisis SWOT,
Terlebih dahulu dilakukan klasifikasi dan analisis faktor internal (kekuatan dan
kelemahan usaha), setelah itu dilakukan klasifikasi dan analisis faktor-faktor strategi
eksternal (peluang dan ancaman). Strategi yang dapat dilakukan oleh BMT Mawaddah
Penyeppen diantaranya, yaitu melakukan klasifikasi dan analisis faktor baik internal
maupun eksternal. Data internal dapat diperoleh di dalam perusahaan itu sendiri
diantaranya laporan kegiatan daya sumber manusia, laporan kegiatan operasional dan
juga laporan kegiatan pemasaran. Sedangkan untuk data eksternal dapat diperoleh dari
lingkungan di luar perusahaan, diantaranya analisis pasar, analisis kompetitor, analisis
komunitas.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan Dalam penelitian
kualitatif untuk bisnis, ada beberapa sumber data yang digunakan dan sekaligus tehnik
pengumpulan datanya. Ketika peneliti menggali sumber data primer, biasanya tehnik
pengumpulan data yang digunakan antara lain adalah wawancara dan observasi yang
diperoleh secara langsung dari sumber asli. Data primer dikumpulkan peneliti
dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Sedangkan data skunder diperoleh
dengan kajian pustaka atau studi dokumentasi yang diperoleh secara tidak langsung dari
sumbernya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan yang dimiliki oleh produk
gadai emas di BMT Mawaddah Penyeppen yaitu pelayanan yang sangat baik dan ramah,
selalu memberikan keringanan dan kesempatan bagi nasabah yang belum mampu
menebus barang gadainya, dan diadakannya undian pada setiap tahunnya. Kelemahannya
yaitu tidak semua jenis emas dapat digadaikan dan pemasaran produknya masih kurang
kreatif. Peluang yang dimiliki minat nasabah yang semakin tinggi karena produk gadai
BMT Mawaddah Penyeppen tidak hanya dikenal dikawasan Pondok Pesantren Miftahul
Ulum. Kelemahan yang dimiliki yaitu masuknya emas palsu dan nasabah tidak menebus
barang gadainya tepat waktu. Pada faktor internal mengahasilkan data kekuatan jauh lebih
besar dibandingkan kelemahan, dan pada faktor eksternal peluang juga lebih besar
dibandingkan ancaman yang dimiliki oleh produk gadai emas. Maka dengan kondisi
seperti itu produk gadai emas di BMT Mawaddah Penyeppen seharusnya sudah mampu
bersaing dengan lemabaga keuangan lainnya
Tidak tersedia versi lain