Text
Fungsi Komunikasi Bisnis Bengkel Las Mapan Dalam Menghadapi Persaingan Pasar di Desa Kaduara Barat Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Komunikasi Bisnis, Bengkel Las, Persaingan Pasar
Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu berinteraksi dengan yang
lainnya. Manusia dalam kehidupannya akan berinteraksi dengan banyak orang.
Tanpa adanya komunikasi kita tidak bisa berinteraksi dengan orang lain.
Komunikasi merupakan salah satu syarat agar dapat membentuk sebuah relasi.
Komunikasi juga penting untuk mengetahui sesuatu yang belum pernah diketahui.
Perkembangan peradaban manusia yang terjadi begitu pesat, banyak usaha yang
berkembang, yaitu bengkel las merupakan salah satu bisnis yang berkembang
dalam memberikan pelayanan jasa kepada para msyarakat. Berbagai macam bisnis
bengkel las yang bermunculan di desa Kaduara Barat, pasti terjadi persaingan
pasar diantara para pembisnis bengkel las.
Penelitian tersebut yakni ”Fungsi Komunikasi Bisnis Bengkel Las Mapan
dalam Menghadapi Persaingan Pasar di Desa Kaduara Barat Kecamatan Larangan
Kabupaten Pamekasan”. Penelitian tersebut menggunakan metode penelitian
kualitatif deskriptif yaitu untuk memaparkan hasil data yang diperoleh dari hasil
observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di lapangan. Sumber data
yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informasi
diperoleh melalui pemilik bengkel las Mapan, manajer, karyawan dan pelanggan
di bengkel las Mapan.
Hasil dari penelitian memperlihatkan bahwa: Pertama, Proses komunikasi
bisnis di bengkel Las Mapan di Desa Kaduara Barat Kecamatan Larangan
Kabupaten Pamekasan, ialah: Pemilik bengkel las Mapan memberikan informasi
tentang las Mapan kepada khalayak umum untuk memperkenalkan jasa yang
disediakan. Pemilik menyediakan berbagai macam pelayanan jasa untuk
meningkatkan pendapatan. Pemilik menyampaikan pesan kepada orang lain untuk
mendapatkan umpan balik. Kedua, Perusahaan las Mapan tidak lepas dari masalah
internal maupun eksternal. Pemilik bengkel las Mapan dalam menghadapi
persaingan dengan pembisnis di bidang pengelasan menggunakan cara-cara yang
sesuai dengan syariat Islam. Perusahaan memiliki solusi dalam menghadapi
masalah-masalah tersebut dengan memunculkan ide-ide yang kreatif dan inovatif
sehingga para pelanggan tertarik dengan usahanya. Bengkel las Mapan juga
berusaha memperbaiki dari segi pelayanan dan memberikan fasilitas yang baik
kepada semua pelanggannya
Tidak tersedia versi lain