Text
Pengembangan Brand Catering Ibu Hadari di Perumnas Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci: Pengembangan, Brand Identity, Catering
Kewirausahaan telah diidentifikasi sebagai hal yang sangat penting dalam
kesejahteraan ekonomi. Wirausaha memiliki beragam jenis dan dapat dilakukan di berbagai
bidang yang salah satunya adalah dalam bidang kuliner (catering). Pertumbuhan penduduk
yang meningkat secara pesat mengakibatkan kebutuhan makanan dan minuman juga akan
meningkat. Fenomena tersebut mengakibatkan persaingan bisnis semakin kompetitif dan
menuntut setiap pelaku usaha memiliki strategi khusus dalam memasarkan produknya.
Pentingnya logo dalam pemasaran produk memang disadari para pelaku usaha, logo juga akan
menjadi salah satu media promosi dalam mengenalkan brand kepada konsumen. Branding
merupakan suatu aktivitas berkomunikasi yang dilakukan oleh perusahaan dengan tujuan agar
mendapatkan respons yang baik dari konsumen maupun dari rekan bisnisnya. Berdasarkan hal
tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu:
pertama bagaimana perancangan branding identity catering Ibu Hadari, kedua bagaimana
perancangan brand identity catering Ibu Hadari sebagai upaya untuk membangun brand
awareness.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data
diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasinya adalah pemilik
catering, pelanggan, dan orang sekitar. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, perancangan brand identity catering Ibu
Hadari meliputi pembentukan logo, brosur, dan tagline karena akan memudahkan para
konsumen untuk mengingat catering Ibu Hadari. Pembentukan logo dari catering Ibu Hadari
melibatkan karakter bergambar. Tujuan dari ketiganya adalah untuk menonjolkan kesan nama
Ibu Hadari, memberikan kekhasan atau pembeda dengan usaha sejenis. Kedua, perancangan
brand identity catering Ibu Hadari sebagai upaya dalam membangun brand awareness
disesuaikan dengan indikator brand awareness, dimana indikator tersebut tujuannya untuk
mengetahui seberapa paham konsumen terhadap merek, konsumen dapat mengenali merek
diantara merek pesaing, dapat membayangkan ciri merek dengan cepat, dan mengenali
dengan cepat logo atau simbol merek yang dimiliki oleh perusahaan
Tidak tersedia versi lain