Text
Pengaruh Citra Destinasi dan Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pengunjung Domestik Eduwisata Garam Desa Bunder, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Citra Destinasi, Experiential Marketing, Kepuasan Pengunjung.
Eduwisata Garam Madura merupakan salah satu destinasi wisata edukasi
baru di Kabupaten Pamekasan yang mempunyai prospek dan cukup berpotensi bagi
pertumbuhan ekonomi. Fenomena yang diangkat dalam penelitian ini yaitu jumlah
pengunjung Eduwisata Garam yang setiap bulannya menurun dimulai bulan april
sampai dengan bulan november, diasumsikan turunnya angka kunjungan karena
kurangnya minat pengunjung untuk berkunjung ke Eduwisata Garam Madura
karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), selain itu
disebabkan pula beberapa fasilitas wisata yang masih dalam tahap pembangunan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra destinasi terhadap
kepuasan pengunjung, pengaruh experiential marketing terhadap kepuasan
pengunjung dan pengaruh citra destinasi dan experiential marketing secara simultan
terhadap kepuasan pengunjung domestik Eduwisata Garam Desa Bunder,
Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
asosiatif, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada pengunjung
Eduwisata Garam Madura, jumalah sampel 100 responden dengan menggunakan
rumus Cochran dengan teknik sampling incidental. Analisis data dilakukan dengan
uji instrumen penelitian yaitu uji validitas dan reliabilitas, sedangkan uji asumsi
klasik untuk mengukur seberapa layak model regresi yang digunakan. Uji hipotesis
yang digunakan ialah regresi linear berganda, uji-t dan uji-F serta koefisien
determinasi
Tidak tersedia versi lain