Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pengunjung Hotel Wisata Camplong di Kabupaten Sampang
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepuasan Pengunjung.
Hotel merupakan sarana akomodasi yang menyediakan tempat menginap,
makan, minum serta pelayanan lain yang dibutuhkan oleh parawisatawan.
Pelayanan merupakan salah satu produk yang ditawarkan hotel. Pelayanan yang
berkualitas akan memberikan rasa kepuasan bagi pengunjung hotel, begitupula
dengan harga yang ditawarkan, jika harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas
pelayanan, manfaat, dan juga terjangkau maka juga akan memberikan rasa puas
bagi pengunjung hotel. Kepuasan pengunjung akan berdampak kenaikan atau
penurunan jumlah pengunjung hotel, karena ketika pengunjung puas dengan
kualitas pelayanan dan harga yang ditawarkan maka pengunjung akan berkunjung
kembali dan bersedia untuk merekomendasikan.
Penurunan pengunjung hotel dirasakan oleh Hotel Wisata Camplong,
dimana dari data yang diperoleh di lima tahun terakhir (2016-2020) terdapat
penurunan jumlah pengunjung. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor dan
penulis berasumsi jika kualitas pelayanan dan harga menjadi faktor menurunnya
jumlah pengunjung hotel akibat ketidak puasan pengunjung Hotel Wisata
Campong. Dari hal tersebut maka terdapat tiga permasalahan yaitu: pertama,
apakah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung
pada Hotel Wisata Camplong; kedua, apakah harga berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pengunjung pada Hotel Wisata Camplong; ketiga, apakah
kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pengunjung pada Hotel Wisata Camplong. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif inferensial. Jumlah populasi sebanyak 1.204 dengan jumlah
sampel 92 reponden. Sumber data diperoleh dari kuesioner, wawancara, dan
dokumentasi. Kuesioner diberikan kepada responden untuk menjawab sebanyak
30 pernyataan yang diberikan, wawancara dilakukan kepada pihak manager
marketing hotel, dan dokumentasi dibutuhkan untuk mengetahui jumlah
pengunjung di lima tahun terakhir
Tidak tersedia versi lain