Text
Analisis Segmenting Targeting dan Positioning Pemasaran Pada PT Multi Media Selular Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Segmenting, Targeting, Positioning.
Perkembangan ekonomi saat ini menjadi semakin pesat. Mulai dari
berkembangnya teknologi, sistem perdagangan serta minat konsumen yang semakin
meningkat. Adanya perkembangan yang pesat mengakibatkan pelaku bisnis harus lebih
tanggap terhadap perubahan sehingga menyebabkan terjadinya persaingan bisnis.
Persaingan yang sangat ketat menuntut perusahaan agar tetap mampu bersaing,
salah satu keunggulan yang harus dimiliki adalah dengan menerapkan strategi
pemasaran yang tepat. Pemasaran yang tepat tidak hanya sebatas keberhasilan dalam
memasarkan produk, melainkan keberhasilan dalam penerapan Segmenting, targeting
dan positioning pemasaran juga sangat diperlukan.
Berdasarkan dari hal tersebut, dalam penelitian ini ada dua yang menjadi fokus
penelitian, yaitu: pertama Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan pada PT.
Multi Media Selular Pamekasan, Kedua Bagaimana penerapan segmenting, targeting
dan positioning pemasaran pada PT. Multi Media Selular Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Informannya adalah supervisor, tenaga pemasaran dan konsumen. Untuk pengecekan
keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, strategi pemasaran yang
diterapkan PT. Multi Media Selular Pamekasan dalam memasarkan produk ada empat
strategi yaitu: berdasarkan reseller (outlet), brosur, open table dan melakukan
kerjasama dengan beberapa lembaga. Kedua, mengenai segmenting berdasarkan
geografis yang dengan cakupan wilayah seluruh kecamatan di Pamekasan dengan
daerah yang paling dominan adalah bagian Pantura seperti Pasean, Waru, Pakong dan
Batumarmar, demografis adalah kalangan remaja selebihnya kalangan umum, baik
laki-laki maupun perempuan dengan pendapatan sedang, dan menengah kebawah.
psikografis berdasarkan kelas sosial menengah, menengah kebawah dan menengah
keatas namun lebih difokuskan pada kelas menengah dan menengah kebawah.
Targeting yang digunakan adalah menyesuaikan dengan produk yang dipasarkan,
seperti kalangan remaja hingga lansia yang membutuhkan internet dengan harga yang
terjangkau
Tidak tersedia versi lain