Text
Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Mie Delba Pamekasan
Kata Kunci: Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian.
Kedai Mie Delba yang berdiri pada tahun 2018 merupakan salah satu
usaha makanan yang bertema mie dan bisa dibilang usaha mie pertama yang
berada di Jalan Kangenan Gang I Kabupaten Pamekasan. Konsumen sangatlah
kritis dalam memilih suatu produk, keputusan untuk membeli suatu produk sangat
dipengaruhi oleh penilaian terhadap bentuk kualitas produk tersebut. Faktor lain
yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen yaitu promosi.
Promosi merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan sebuah usaha.
Konsep awal berdirinya kedai ini hanya lesehan 4 meja sederhana menggunakan
bambu dan beratap asbes seadanya. Pada awal mula berdirinya Kedai Mie Delba
ini mereka melakukan strategi promosi melalui media online seperti instagram,
facebook dan whattsapp. Selain itu mereka juga menyebarkan brosur di setiap
jalan untuk memperkenalkan produk mereka agar bisa diketahui banyak orang.
Setelah itu usaha Kedai Mie Delba mulai mengalami peningkatan dan mulai
dibanjiri oleh konsumen sehingga Kedai Mie Delba bisa membangun usahanya
lebih besar dan luas lagi sehingga menjadi sebuah kedai. Usaha Kedai Mie Delba
ini bisa dibilang usaha Mie pertama yang ada di Pamekasan dan sekarang ini
sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat.
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kualitas produk
terhadap keputusan pembelian secara signifikan pada Kedai Mie Delba
Pamekasan, untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian
secara signifikan pada Kedai Mie Delba Pamekasan dan untuk menganalisis
pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian secara
signifikan pada Kedai Mie Delba Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis hubungan
kausal. Data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Dalam
menentukan jumlah sampel dengan metode sampling insidental yang diperoleh
sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus Lemeshow. Teknik analisis
data dalam penelitian menggunakan uji kualitas data, analisis regresi berganda, uji
asumsi klasik dan uji hipotesis.
Tidak tersedia versi lain