Text
Pengaruh Harga, Keberagaman Produk, Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Minimarket Lampu Merah di Desa Murtajih, Pademawu, Pamekasan
Kata Kunci: Harga, Keberagaman Produk, Pelayanan, Lokasi, Minat Beli
Minimarket Lampu Merah merupakan bisnis yang bergerak dibidang ritel
modern, didirikan oleh Bapak Syamsul Arifin pada 6 Februari 2009 yang berada
di Jalan Raya Bunder, Dusun Solodaja, Desa Murtajih, Kecamatan Pademawu,
Kabupaten Pamekasan. Seiring dengan banyaknya tempat perbelanjaan,
persaingan di sektor ritel juga akan semakin kompetitif. Maka untuk menarik
minat beli konsumen dalam memenangkan persaingan, beberapa cara untuk
menciptakan nilai tambah (value added) pada bisnis ritel yakni dengan nilai
penetapan harga, nilai keberagaman produk, nilai pelayanan konsumen, dan nilai
lokasi. Minat beli merupakan keinginan atau rasa ketertarikan terhadap suatu
produk (barang/jasa) yang dipengaruhi oleh sikap dari luar maupun dari dalam
konsumen itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga,
keberagaman produk, pelayanan, dan lokasi terhadap minat beli konsumen pada
Minimarket Lampu Merah di Desa Murtajih, Pademawu, Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif dengan
penelitian jenis kausal yang menggunakan analisis regeresi linier berganda.
Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah dengan metode
sampling insidental dengan jumlah responden yang cukup mewakili sebesar 100
konsumen yang pernah berbelanja di Minimarket Lampu Merah Desa Murtajih,
Pademawu, Pamekasan. Sumber data diperoleh dari data primer, yakni diperoleh
dari kuesioner yang telah disebarkan. Pengujian statistik dalam penelitian ini
menggunakan uji kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi kalsik
(uji multikolerasi, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, dan uji normalitas), dan
uji hipotesis (uji t, uji F, dan uji determinasi).
Tidak tersedia versi lain