Text
Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Batik (Studi Kasus Pada Usaha Batik Maduraku Batikku Di Desa Klampar Pamekasan),
Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan Batik Maduraku Batikku.
Loyalitas pelanggan merupakan dorongan perilaku untuk melakukan
pembelian secara berulang dan membangun kesetiaan pelanggan terhadap suatu
produk maupun jasa yang dihasilkan oleh badan usaha tersebut yang
membutuhkan waktu yang cukup lama melalui proses pembelian yang terjadi
secara berulang-ulang.
Berdasarkan hal tersebut maka fokus penelitan yang dihasilkan pertama yaitu
Bagaimana cara membangun loyalitas pelanggan batik pada usaha batik
Maduraku Batikku di Desa Klampar Pamekasan?, kedua Apa saja faktor-faktor
yang mempengaruhi loyalitas pelanggan batik pada usaha batik Maduraku
Batikku di Desa Klampar Pemekasan?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
deskriptif, sumber data yang diperoleh dari wawancara, observasi dan
dokumentasi dari beberapa informan seperti pemlik Maduraku Batikku, pengrajin,
dan pelanggan Maduraku Batikku. Dan untuk pengecekan data dan kekuatan
pengamatan melalui triangulasi sumber dan metode.
Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa loyalitas pelanggan,
pengalaman dalam usaha sangatlah diutamakan demi upaya mendapatkan
kepercayaan yang memuaskan pelanggan yang kita miliki, khususnya dalam
usaha batik, karena akan menjadi tolak ukur dengan usaha orang lain. Strategi
dalam membangun loyalitas pelanggan batik pada usaha batik Maduraku Batikku
sangatlah memuaskan terhadap pelanggan dan kualitas produknya sangatlah
bagus, sehingga dengan hal ini pelanggan tetap loyal dan ingin kembali untuk
membeli batik hasil produski Maduraku Batikku
Tidak tersedia versi lain