Text
Penerapan Etika Berbisnis Dalam islam Terhadap Sistem Pemasaran dalam Meningkatkan Usaha Toko Sembako di Pasar Blumbungan
Kata Kunci : Etika bisnis islam, Etika Pedagang.
Dalam melakukan pekerjaan, aspek etika adalah hal yang mendasar yang harus
diperhatikan oleh pedagang. Istilah tingkah laku pedagang yang bia menentukan mana yang
baik dan mana yang buruk pada saat berinteraksi kepada pembeli. Pedagang harus bisa
memberikan pelayanan yang terbaik dan sopan santun, ramah, dan bisa membuat nyaman
kepada konsumen yang nantinya bisa berdampak baik bagi pedagang tersebut.
Bersadarkan hal tersebut, terdapat dua pembahasan yang menjadi fokus dalam
penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana penerapan etika bisnis islam pedagang di pasar
blumbungan dalam meningkatkan dalam meningkatkan perekonomiannya dengan
menggunakan perspektif islam. Pedagang menggunakan prinsip etika bisnis islam yang
bertujuan tidak hanya ingin mendapatkan keuntungan melaikan juga ingin mendapatkan
barokah dari Allah SWT.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif atau analisis dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Peniliti menggunakan tiga prosedur pengumpulan data yaitu: wawancara
semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi lainnya berupa pedagang dan
pembeli untuk menganalisis data, peneliti menggunakan beberapa langkah yaitu reduksi data,
sedangkan pengecekkan keabsahan data dilakukan melalui ketekunann peneliti dan trigulasi.
Dari penelitian ini penulis dapat memberi kesimpulan, etika pedagang di pasar
blumbungan sudah melakukannya dengan baik. Berbagai macam prilaku yang dilakukan oleh
para pedagang melayani pembeli. Pertama, pedagang di pasar blumbungan telah memahami
prinsip etika bisnis islam yang ada seperti jujur dalam menjual dagangannya (quantity) tetapi
kurang transparan, menjual barang yang baik mutunya (quality), dilarang menggunakan
sumpah (al-qash), longgar dan bermurah hati (tatsamuh dan taraahum), membangun hubungan
baik (interrelation ship atau al-rahym) antar kolega, tertib administrasi dan menetapkan harga
yang transparan tetapi kurang memberikan daftar harga yang pasti. Kedua pedagang akan
merasakan dampak saat menerapkan prinsip etika bisnis islam
Tidak tersedia versi lain