Text
Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswa Dalam Perspektif Etika Konsumsi Islam (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Madura),
Kata Kunci: Perilaku Kosnsumsi, Etika Konsumsi Islam
Perilaku konsumsi merupakan aktivitas sosial tentang bagaimana individu, kelompok,
dan organisasi memilih, membeli, menggunakan, dan bagaimana barang, jasa, ide, atau
pengalaman untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka. Sedangkan perilaku
konsumsi Islam didasarkan atas rasionalitas berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunah.
Berdasarkan hal tersebut maka fokus penelitian yang dihasilkan pertama yaitu
Bagaimana perilaku konsumsi mahasiswa ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis Islam
IAIN Madura, kedua bagaimana perilaku konsumsi mahasiswa ekonomi syariah fakultas
ekonomi dan bisnis Islam IAIN Madura dalam perspektif rtika konsumsi Islam.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif,
sumber data yang digunakan untuk memperoleh hasil dari wawancara, observasi dam
dokumentasi yakni dilakukan kepada beberapa informan sebagai objek dari penelitian ini
berupa mahasiswa ekonomi syariah.
Hasil dari penelitian ini, perilaku konsumsi mahasiswa IAIN Madura terdapat
perbedaan antara teori dan dilapangan. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan,
dari beberapa konsumsi mahasiswa bukan hanya berdasarkan kebutuhan saja tetapi juga
keinginan apalagi dengan adanya media sosial yang berkembang pesat sehingga semakin
mempermudah mahasiswa untuk berkonsumsi. Sikap kesederhanaan konsumsi mulai bergeser
mengikuti trend. Selain itu, terdapat perilaku konsumsi yang sesuai dengan teori perilaku
konsumsi berdasarkan etika konsumsi Islam yakni dengan peduli terhadap kegiatan sosial
berupa infaq, shadaqah, dan amal. Dan menjauhi utang apabila tidak memiliki cukup harta
untuk berkonsumsi
Tidak tersedia versi lain