Text
Strategi Pengembangan Pariwisata dalam Upaya Peningkatan Wisatawan di Pantai Camplong Kabupaten Sampang Perspektif Etika Ekonomi Islam,
Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Pengembangan Objek Wisata, Wisatawan,
Pantai
Latar belakang peneliti meneliti masalah ini berdasarkan masalah yang ada
di objek wisata di kecamatan camplong sepertti fasilitas yang bias meningkatkan
minat pengunjung. Dari masalah yang ada di objek wisata Kecamatan Camplong
maka peeliti tertarik untuk terfokus kepada bagaimana strategi pengembangan
pariwisata dalam upaya peningkatan wisatawan di Pantai Camplong Kabupaten
Sampang Perspektif Etika Ekonomi Islam
Penelitian ini adalah untuk mengetahui usaha-usaha di pantai Camplong
Desa Dharma Kabupaten Sampang, untuk mengetahui mekanisme pambagian
hasil usaha di Pantai Camplong Desa Dharma Kabupaten Sampang. Untuk
mengetahui pendapatan bisnis usaha pariwisata di Pantai Camplong sudah sesuai
dengan system etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan peelitian kualitatif
dengan metode deskriptif. Jeis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini diambil secara langsung
dengan sasaran 1 orang pengelola pantai, 1 orang keamanan, 3 orang kebersihan,
5 orang pedagang, dan 5 orang pengunjung. Teknik analisis data yang digunakan
adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha-usaha yang ada di pantai
Camplong ialah: usaha kuliner, usaha penginapan, usaha toilet dan kamar mandi,
usaha tempat parkir, usaha ban renang, usaha sampan/perahu, usaha tempat fotofoto. Mekanisme pembagian hasil usaha pada pantai Camplong dengan system
bagi hasil yang sesuai dengan indicator Etika Bisnis Islam yang digunakan yaitu
Keadilan (Equilibrium), Kehendak bebas (Free will), Tanggung jawab
(Responsibility), dan kebenaran pendapat bisnis usaha pariwisata sudah sesuai
dengan Etika Bisnis Islam
Tidak tersedia versi lain