Text
Analisis Minat Beli Konsumen Terhadap Produk UMKM Berp-IRT Di Desa Branta Pesisir Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Minat Beli Konsumen, UMKM, P-IRT
Minat beli konsumen merupakan bagian dari komponen perilaku konsumen dalam sikap
mengkonsumsi, kecenderungan responden untuk bertindak sebelum keputusan membeli benarbenar dilaksanakan. Minat beli konsumen dapat juga dikatakan sesuatu yang timbul setelah
menerima rangsangan dari produk yang dilihatnya, dari sana timbul ketertarikan untuk
mencoba produk tersebut sampai pada akhirnya timbul keinginan untuk membeli agar dapat
memilikinya. Istilah UMKM merujuk pada aktivitas usaha yang didirikan oleh masyarakat,
baik berbentuk usaha perorangan maupun badan usaha. P-IRT merupakan izin produksi pangan
yang dihasilkan skala industri rumah tangga yang ditetapkan oleh BPOM (badan pengawas
obat dan makanan). P-IRT juga menjadi sumber informasi bagi para konsumen agar mereka
tahu bahwa produk yang sudah berP-IRT terjamin akan keamanan dan kebersihannya, maka
dari itu di masa kini P-IRT menjadi tolak ukur minimal dalam membeli suatu produk pangan.
Maka yang menjadi focus dalam penelitian ini adalah: Pertama, Bagaimana cara para pelaku
UMKM di Desa Branta Pesisir mendapatkan label P-IRT. Kedua, Bagaimana minat beli
konsumen terhadap produk berP-IRT.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber
data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini
adalah petugas dinas Kesehatan Pamekasan, pelaku UMKM dan konsumen sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, cara para pelaku UMKM di Desa Branta
Pesisir mendapatkan label P-IRT yaitu dengan mendaftarkan produknya ke kantor dinas
Kesehatan Pamekasan atau ke kantor Grapari Telkomsel Pamekasan, dengan membawa
persayaratan yaitu KTP, foto copy KK, NPWP jika ada dan yang paling penting yaitu label
dari produk yang akan di daftarkan. Kedua, minat beli konsumen terhadap produk berP-IRT
yaitu konsumen lebih memilih produk yang sudah berP-IRT alasannya karena mereka lebih
merasa aman karena dengan label P-IRT produk yang akan mereka beli sudah terjamin akan
keamanan bahan yang digunakan dan kebersihan dari proses produksi produk tersebut
Tidak tersedia versi lain