Text
Peningkatan Omzet Penjualan Melalui Strategi Bisnis Kuliner dalam Perspektif Ekonomi Islam di Warung Sederhana Mbak Elin Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Bisnis, Omzet Penjualan, Perspektif Ekonomi Islam
Strategi bisnis adalah alat untuk mencapai tujuan jangka panjang. Bisnis
yaitu suatu usaha yang mengorganisasikan untuk menghasilkan laba atau menjual
baranag atau jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan
masyarakat. Semakin meningkatnya kebutuhan akan pangan, tentunya akan
mendatangkan peluang-peluang bisnis. Oleh karena itu pengusaha harus mampu
mengembangkan srategi bisnis untuk meningkatkan usahanya salah satunya
melalui strategi pemasaran. Dalam dunia bisnis, pemasaran merupakan strategi
bisnis yang mengarahkan pada proses penciptaan, penawaran, dan perubahan nilai
dari seorang inisiator kepada pelanggannya. Menurut ajaran Islam, kegiatan
pemasar harus dilandasi dengan nilai-nilai Islami yang dijiwai oleh semangat
ibadah kepada Allah dan berusaha semaksimal mungkin kesejahteraan bersama.
Salah satunya usaha penyedia makanan dan minuman jadi adalah warung makan.
Warung sederhana Mbak Elin salah satu usaha makanan dan minuman yang
berada di Desa Banban, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan. Berdasarkan
hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian utama dalam
penelitian ini, yaitu, pertama, bagaimana strategi bisnis yang digunakan dalam
meningkatkan omzet penjualan pada warung sederhana Mbak Elin di bidang
pemasaran, dan yang kedua, bagaimana penerapan strategi bisnis dibidang
pemasaran dalam meningkatkan omzet penjualan pada warung sederhana Mbak
Elin Perspektif Ekonomi Islam.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian
kualitatif deskriptif, yaitu data yang diperoleh dan dikumpulkan berupa kata-kata,
dokumentasi dan gambar-gambar, artinya data ini tidak berbentuk angka-angka.
Karena hal ini akan lebih mudah dan memperjelas bagian-bagian yang sedang
diteliti bila diamati dengan proses.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama strategi bisnis
dibidang pemasaran yang digunakan pada warung sederhana Mbak Elin yaitu
menggunakan strategi produk, strategi harga, strategi tempat, strategi promosi.
Kedua Implementasi strategi bisnis dibidang pemasaran dalam meningkatkan
omzet penjualan pada warung sederhana Mbak Elin Perspektif Ekonomi Islam
sudah sesuai dengan teori-teori yang ada. Adapun hasil dari penerapan strategi
bisnis dibidang pemasaran tersebut mengakibatkan omzet penjualan pada warung
sederhana Mbak Elin setiap bulannya mengalami peningkatan. Seperti produk
makanan yang dijual sudah dijamin bersih dan suci, harga jual yang
standart/terjangkau, serta termpat yang menarik, dan promosi melalui media sosial
dan memberilkan pelayanan yang baik yaitu besikap sopan dan ramah
Tidak tersedia versi lain